comscore

Investasi Emas vs Reksadana, Mana yang Untungnya Lebih Menggiurkan?

Rosa Anggreati - 27 Mei 2022 14:35 WIB
Investasi Emas vs Reksadana, Mana yang Untungnya Lebih Menggiurkan?
Investasi emas dan reksadana diminati banyak orang karena dianggap risikonya kecil (Foto:Dok)
Jakarta: Sekarang ini sudah semakin banyak masyarakat Indonesia yang melek investasi. Apalagi generasi milenial, yang banyak terpapar pengaruh investasi dari berbagai media sosial. Tujuannya pun beragam, mulai dari mempersiapkan dana masa tua (pensiun), mengamankan nilai kekayaan, untuk pendidikan anak, dan lain sebagainya.
 
Jenis investasi pun juga sangat beragam, mulai dari emas, reksadana, deposito, saham, sampai dengan mata uang kripto yang saat ini banyak diminati. Meski kripto sekarang banyak dipilih, namun investasi emas dan reksadana juga tidak ditinggalkan begitu saja. Masih banyak orang yang memilih keduanya karena dianggap risikonya kecil.
 
Dari dua pilihan investasi, yakni emas dan reksadana, memang sama-sama cocok untuk pemula, karena dianggap lebih mudah dipahami. Namun, sampai sekarang masih banyak orang yang kebingungan untuk memilih salah satunya. Mari ulas lebih dalam, mana jenis investasi yang lebih menguntungkan untuk dipilih.
  

Investasi Reksadana

 
Reksadana merupakan sebuah jenis investasi yang mengumpulkan dana dari pemodal yang nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi atau dikenal sebagai MI. Secara mudahnya, para investor menitipkan uangnya di satu tempat, nantinya akan diinvestasikan lagi berbagai instrumen oleh Manajer Investasi yang dianggap lebih ahli.
 
Karena sistemnya yang dianggap lebih mudah, jenis investasi ini banyak dipilih oleh pemula. Cocok juga bagi Anda yang masih memiliki dana yang minim, biasanya bisa berinvestasi mulai dari ratusan ribu. Jenis dari investasi ini juga banyak sekali, ada reksadana pasar uang, saham, pendapatan tetap, dan campuran.
 
Menariknya, berkembangnya dunia online juga membuat investasi reksadana merambah digital. Dengan memilih investasi reksadana online, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi tidak perlu repot-repot ke kantor Manajer Investasi, sudah banyak sekali platform yang menyediakannya.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari memilih jenis investasi satu ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:
- Jenis investasi reksadana beragam, bisa dipilih yang paling minim risiko
- Jumlah minimum dari investasi juga terbilang rendah
- Merupakan jenis investasi yang fleksibel
- Bisa bebas pajak
- Sudah diawasi pemerintah melalui otoritas terkait
- Transaksi mudah bisa online atau offline
- Memiliki potensi return yang cukup menarik
- Investasi mudah karena diserahkan ke Manajer Investasi

Dari berbagai keuntungannya, Anda juga harus mempertimbangkan kerugiannya juga. Beberapa hal yang perlu untuk diwaspadai adalah risiko mendapatkan Manajer Investasi bodong, biaya pengelolaan, sampai kemungkinan terjadinya wanprestasi dari MI. Dengan peran MI yang besar, Anda harus sangat selektif dalam memilihnya. Jangan asal pilih hanya karena rekomendasi.
 

Investasi Emas

 
Sementara untuk emas, ini merupakan jenis investasi yang sudah lama ada. Bahkan, sudah banyak nenek moyang kita juga memanfaatkannya sebagai instrumen investasi. Namun kemungkinan caranya lebih bervariasi di masa sekarang. Mengingat peran teknologi yang menjangkit di berbagai lini kehidupan, termasuk investasi.
 
Supaya lebih bisa dipahami, investasi jenis ini melibatkan emas di dalamnya. Baik itu dalam bentuk perhiasan, logam mulia, atau tabungan. Dalam bentuk tabungan, sekarang ini semakin banyak platform online di Tanah Air yang melayaninya. Salah satunya bisa di BukaEmas dari Bukalapak. Anda bisa berinvestasi modal super minim namun keuntungan bisa optimal.
 
Modal yang perlu Anda keluarkan untuk investasi ini jika melakukannya secara online, bisa mulai dari ratusan rupiah saja. Jadi bisa sekali untuk mengamankan uang recehan. Jangan salah, meski awalnya kecil jika dilakukan secara konsisten, nilainya juga akan terus bertambah setiap waktunya.
 
Emas sendiri juga merupakan jenis investasi yang ramah untuk pemula. Sistemnya sangat mudah dipahami. Karena itulah, meski semakin banyak instrumen investasi bermunculan, emas masih menjadi primadona investasi di berbagai kalangan. 

Berikut ini beberapa keuntungan investasi emas yang bisa dipertimbangkan:

- Emas sangat mudah untuk dicairkan
- Banyak platform online yang sudah melayaninya
- Melindungi uang dari inflasi
- Harganya cenderung naik setiap tahunnya
- Modal yang dibutuhkan minim, cocok untuk pemula dengan gaji pas-pasan
- Perawatan yang mudah
- Jika beli secara online, harga bisa dilihat secara transparan
- Tidak mengandalkan manajer investasi, cukup diri sendiri

Keuntungan memang banyak, tapi ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah emas merupakan jenis investasi jangka panjang. Karena nilainya sangat fluktuatif dalam jangka pendek. Sebentar bisa naik, selanjutnya bisa anjlok. Maka dari itulah, jika Anda memerlukan investasi jangka panjang, emas bisa diandalkan. Sebaliknya, jika ingin investasi jangka pendek, emas tidak cocok dipilih.

Itulah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari investasi emas dan reksadana. Sebenarnya, keduanya sama-sama menguntungkan jika memiliki pertimbangan yang matang dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Daripada bingung, Anda bisa melakukan investasi di Bukalapak.
 
Di Bukalapak, berbagai jenis investasi dilayani. Jika ingin investasi emas, bisa membelinya di BukaEmas. Sementara jika ingin reksadana, segera lakukan transaksi di BukaReksa. Keuntungan investasi di Bukalapak banyak, mulai dari pilihan produk beragam, terdaftar di OJK, dan transaksinya juga gampang. Tunggu apa lagi, yuk siapkan masa depan yang lebih bersinar bersama Bukalapak!

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id