UMKM Butuh Kemudahan Regulasi Ubah Strategi ke Marketing Online

    Whisnu Mardiansyah - 28 Juni 2020 13:43 WIB
    UMKM Butuh Kemudahan Regulasi Ubah Strategi ke Marketing <i>Online</i>
    Ilustrasi umkm. Dok.MI
    Jakarta: Pandemi covid-19 membuat Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) harus mengubah strategi pemasaran mereka agar bisa bertahan. Butuh regulasi dan dukungan dari pemerintah agar UMKM bisa beradaptasi dengan strategi pemasaran daring atau online.

    "Banyak perubahan yang terjadi akibat covid-19. UMKM harus bisa bertahan. Mereka juga harus mengubah cara berbisnis dari marketing offline ke marketing online. Dan ini butuh dukungan dari pemerintah baik berupa regulasi dan stimulus keuangan," kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani, Jakarta, Minggu, 28 Juni 2020.

    Menurut Shinta, sektor UMKM yang paling merasakan dampak krisis akibat pandemi covid-19. Upaya pemeritah menyederhanakan regulasi izin usaha lewat Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja diharapkan bisa menjadi angin segar bagi UMKM.

    Dia mengatakan UMKM membutuhkan kemudahan untuk berusaha. Infrastruktur yang mendukung perlu diberikan, seperti perizinan hingga sertifikasi yang lebih sederhana.

    "Ini perlu dilakukan agar UMKM kita kembali bergeliat. Perizinan dan sertifikasi harus dipermudah melalui RUU Cipta Kerja," kata Shinta.

    Baca: 2 Jenis UMKM yang Bertahan di Tengah Pandemi

    Kadin menerima banyak laporan terkait kondisi ekonomi yang memburuk sebagai dampak dari pandemi. Dengan modal yang minim, UMKM butuh suntikan dana dari pemerintah.

    Sektor UMKM terbukti mampu bertahan pada krisis ekonomi 1998 dan 2008, serta menjadi penopang perekonomian nasional. Namun situasinya berbeda saat ini, banyak UMKM yang terdampak dan butuh pertolongan dari pemerintah.

    Shinta menilai kemunculan RUU Ciptaker yang memiliki semangat melindungi UMKM menemukan momentum yang tepat. Pascapandemi berakhir, UMKM bisa kembali bangkit.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id