KAI Batalkan 103 Perjalanan Kereta

    Suci Sedya Utami - 25 Maret 2020 14:45 WIB
    KAI Batalkan 103 Perjalanan Kereta
    Ilustrasi penumpang kereta api - - Foto: Medcom/ Daviq Umar
    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan 103 perjalanan per hari demi menekan penyebaran virus korona (covid-19) di Tanah Air. Hal itu berimbas pada penurunan angka perjalanan kereta hingga 19,4 persen.

    "KAI mengurangi 103 perjalanan kereta api per hari," kata VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 Maret 2020.

    Yuskal mengatakaan perjalanan kereta turun dari 532 setiap hari menjadi 429 kereta. Pengurangan perjalanan kereta ini terjadi secara bertahap mulai 21 Maret 2021 hingga 1 April 2020.

    Adapun rincian kereta api yang dibatalkan sampai dengan tahap ketiga rinciannya terdiri dari 74 kereta api jarah jauh dan 31 kereta api lokal. Sehingga jumlah perjalanan kereta api mulai tanggal 2 April mendatang yang tersisa adalah 182 kereta jarak jauh dan 247 kereta lokal setiap harinya.

    "Jadwal yang kami batalkan adalah KA yang memiliki jadwal atau kereta alternatif sehingga penumpang memiliki pilihan jadwal keberangkatan lain jika tetap memutuskan untuk berangkat,” tambah Yuskal.

    Terkait pembatalan tersebut, KAI akan menghubungi penumpang yang telah memesan tiket sebelumnya. KAI menawarkan dua opsi yakni pembatalan dan pengalihan atau penggantian jadwal perjalanan.

    Untuk penumpang yang memilih mengganti jadwal ke kereta lain, akan mendapatkan fasilitas kelas yang sama atau lebih tinggi tanpa dikenakan biaya tambahan.

    Jika dialihkan dan mendapat kelas yang lebih rendah, KAI akan memberikan bea pengembalian di stasiun kedatangan dengan batas waktu pengembalian tiga hari dari tanggal yang tertera di tiket.

    “Namun jika penumpang tidak berkenan dialihkan perjalanannya ke kereta api lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan kereta api, maka kami akan mengembalikan bea secara penuh 100 persen di luar bea pesan secara tunai. Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain,” tutur dia.

    Adapun penumpang dapat menghubungi Contact Center 121 melalui telepon ke 021-121, email cs@kai.id atau sosial media @KAI121 untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait perjalanannya.

    “Semoga kebijakan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, agar penyebaran virus corona melalui kereta api dapat dicegah,” pungkasnya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id