Batu Ampar Bakal Jadi Green Port Pertama di RI, Luhut: Jangan Mau Dilecehkan Singapura

    Eko Nordiansyah - 24 September 2020 17:32 WIB
    Batu Ampar Bakal Jadi <i>Green Port</i> Pertama di RI, Luhut: Jangan Mau Dilecehkan Singapura
    Pelabuhan Batu Ampar. Foto: dok MI.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan ingin pelabuhan Batu Ampar di Batam menjadi green port atau pelabuhan ramah lingkungan pertama di Indonesia.

    "Besok saya juga mau lihat itu (pelabuhan Batu Ampar), supaya nanti kita juga bisa sama dengan Singapura, supaya kita tidak dilecehkan dengan Singapura. Tapi memang yang membuat kita dilecehkan adalah kita sendiri, jadi jangan mau disogok terus," tegas Luhut, saat Konferensi Pers Bersama Ekosistem Logistik, di Jakarta, Kamis, 24 September 2020.

    Maka dari itu, dirinya akan meninjau langsung Pelabuhan Batu Ampar ini di Batam. Serta melihat sistem ekosistem logistik atau National Logistics Ecosystem (NLE) di wilayah itu.

    Baca: Ekosistem Logistik Indonesia Pangkas 17 Layanan Jadi Satu Langkah

    Ekosistem logistik di Batam, tambah Luhut, dapat memangkas proses layanan dari 17 menjadi hanya satu langkah saja. Nantinya, NLE ini akan memberikan efisiensi biaya sekitar Rp1,5 triliun, hanya untuk di Batam saja.

    Sejalan dengan itu, dirinya pun memperkirakan sistem tersebut akan bisa mendatangkan hingga Rp5 triliun investasi di Batam.

    Luhut pun berharap implementasi NLE yang diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional akan memberi dampak pada efisiensi biaya, mendorong investasi serta meningkatkan penerimaan negara.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id