Transisi Proyek Migas Ultra Laut Dalam Diharap Kelar Akhir 2020

    Suci Sedya Utami - 19 November 2020 21:04 WIB
    Transisi Proyek Migas Ultra Laut Dalam Diharap Kelar Akhir 2020
    Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Foto : SKK Migas.
    Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan saat ini PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) masih merampungkan diskusi peralihan pengembangan proyek migas Ultra Laut Dalam (Indonesian Deepwater Development/IDD) bersama perusahaan migas asal Italia, Eni S.p.A.

    Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan diskusi yang dilakukan tersebut memang memakan waktu yang sangat panjang. Ia berharap agar peralihan tersebut bisa selesai di akhir 2020, sehingga nantinya kontraktor baru bisa mengajukan revisi proposal rencana pengembangan (POD) proyek tersebut.

    "Harapannya proses administrasi rampung akhir tahun sehingga tahun depan ada perubahan proposal POD," kata Dwi dalam diskusi virtual, Kamis, 19 November 2020.

    Dwi mengatakan apabila Eni nantinya mengambil alih wilayah kerja IDD maka akan lebih baik. Sebab akan bisa terintegrasi dengan fasilitas migas yang dikelola Eni di Blok Muara Bakau dan juga lapangan migas Marrakesh di Blok Sepinggan. Integrasi ini tentunya akan menciptakan biaya yang lebih efisien.

    "Kami percaya jika alih kelola oleh Eni akan lebih baik dan efisien karena Eni sudah memiliki fasilitas untuk diintegrasikan dengan IDD," ujar Dwi.

    Proyek IDD merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang menjadi fokus perhatian pemerintah untuk dapat segera diwujudkan. Oleh karenanya, pembahasan lanjutan antara Wakil Negara RI dan manajemen tertinggi Chevron ini perlu dilakukan untuk dapat memastikan penanganan proyek IDD sesuai harapan tersebut.
     
    Dari data SKK Migas, proyek IDD bisa berproduksi hingga 1.120 juta kaki kubik per hari atau Million Standard Cubic Feet per Day (MMscfd) gas dan minyak 40 ribu barel per hari (bph). Proyek ini sedianya akan beroperasi pada kuartal I-2024.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id