Pengembangan Koperasi dan UMKM Butuh Peran Aktif Masyarakat

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Oktober 2020 18:46 WIB
    Pengembangan Koperasi dan UMKM Butuh Peran Aktif Masyarakat
    Ilustrasi UMKM/MI/Andri Widianto
    Jakarta: Pengembangan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia memerlukan peran aktif masyarakat.Terutama dari kalangan penggerak masyarakat.

    Penggerak masyarakat dari sektor usaha Sudhamek Agoeng Waspodo menyebut ribuan penggerak masyarakat bermunculan. Namun tidak ada wadah yang dapat menampung mereka.

    "Penggerak masyarakat menjadi kunci sukses koperasi dan UMKM. Saat ini penggerak masyrakat muncul atas inistiatif masyarakat, tidak pernah ada pendekatan secara sistematis," ujar Sudhamek dalam diskusi virtual Media Academy bertajuk Gema Sejuta Penggerak UMKM untuk Indonesia, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Sudhamek menjelaskan penggerak masyarakat harus dilibatkan secara intensif dalam mengembangkan koperasi dan UMKM. Ia menyakini penggerak masyarakat merupakan orang-orang yang memiliki kompetensi memumpuni di bidangnya masing-masing.

    "Kalau penggerak masyarakat dengan hati yang baik dan terbukti dan teruji karyanya, dikembangkan secara sistematis alangkah baiknya bisa ikut masuk secara lebih intensif," jelasnya. 

    Ia menyebut saat ini perlu ada jejaring komunikasi yang dapat digunakan sebagai wadah penggerak masyarakat. Skala terkcil dari penggerak masyarakat merupakan individu atau kelompok pelaku koperasi dan UMKM.

    Baca: UU Cipta Kerja Buka Peluang Usaha bagi Koperasi dan UMKM

    "Bagaimana  kalau kita bisa saling berinteraksi, itulah dibutuhkan jaringan komunikasi," tuturnya. 

    Chairman GarudaFood Group itu menyebut mengembangkan koperasi dan UMKM memerlukan kebijakan afirmatif dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Selain itu dibutuhkan pusat pendidikan dan pelatihan koperasi dan UMKM. 

    Menurut dia, mengembangkan koperasi dan UMKM tidak terbatas hanya memberikan modal, kredit, dan akses pasar. Perlu adanya pengembangan kapasitas.

    "Kemampuan mereka berusaha akan meningkat. Bahkan kalau dilakukan pendampingin oleh usaha besar akan lebih optimal," jelasnya.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id