Penyaluran Subsidi Listrik Tepat Sasaran di 2022, RI Bakal Hemat Rp22,12 Triliun

    Suci Sedya Utami - 08 April 2021 08:08 WIB
    Penyaluran Subsidi Listrik Tepat Sasaran di 2022, RI Bakal Hemat Rp22,12 Triliun
    Gedung Kementerian ESDM. FOTO: Setkab



    Jakarta: Pemerintah tengah merumuskan skema penyaluran subsidi listrik 2022 agar lebih tepat sasaran, termasuk dengan menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

    Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan apabila subsidi listrik disalurkan sesuai DTKS maka akan ada penghematan sebesar Rp22,12 triliun.






    Berdasarkan DTKS, ada 15,2 juta pelanggan harus dikeluarkan karena dinilai tidak tepat masuk dalam daftar penerima subsidi. Sementara total pelanggan golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA mencapai 32,48 juta. Apabila dikurangi dengan 15,2 juta maka ada sekitar 27,06 juta pelanggan yang masuk dalam kelompok rumah tangga penerima manfaat sesuai DTKS.

    "Kami sudah kirim surat ke Bu Mensos untuk dapat DTKS terpadu dan terbaru. Kami sama PLN melakukan pemadanan, verifikasi ke lapangan sehingga besarannya bsa kita pertanggung jawabkan," kata Rida, dalam rapat dengar pendapat dengan Banggar DPR RI, Jakarta, Rabu, 7 April 2021.

    Ia mengatakan apabila tidak ada reformasi kebijakan atau skema, subsidi listrik tahun depan diperkirakan membengkak menjadi Rp61,09 triliun dari alokasi tahun ini sebesar Rp53,6 triliun. Namun apabila hal hanya mengacu pada DTKS, besaran subsidi bisa ditekan menjadi Rp39 triliun.

    Kendati demikian, apabila hal tersebut dilakukan, Rida bilang, perlu dilakukam sosialisasi lebih awal. Sebab pelanggan yang menerima subsidi sebelumnya dan harus dikeluarkan dari data jumlahnya banyak. Apalagi berkaca pada pengalaman di 2017 kemarin saja ada gejolak di masyarakat.

    "Kalau ini bisa dilakukan maka proyeksi subsidi yang tadinya Rp61,1 triliun jadi tinggal Rp39 triliun," pungkas Rida.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id