Sokong Ketahanan Pangan, BGR Logistics Bakal Luncurkan Pusat Data Komoditas

    Husen Miftahudin - 31 Maret 2021 17:21 WIB
    Sokong Ketahanan Pangan, BGR Logistics Bakal Luncurkan Pusat Data Komoditas
    Ilustrasi peluncuran Pusat Data Komoditas Nasional - - Foto: Medcom



    Jakarta: PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics berencana untuk meluncurkan Pusat Data Komoditas Nasional atau National Commodity Data Center (NCDC). Rencananya, anggota Holding BUMN Klaster Pangan ini akan merilis NCDC pada Mei 2021.

    "Kita akan punya NCDC, National Commodity Data Center yang akan segera kita luncurkan. Soal logistik, sistem ini sangat bisa diimplementasikan untuk seluruh komoditas," ucap Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno dalam acara Ngopi Bareng Media dikutip Rabu, 31 Maret 2021.

     



    Menurut Tri, pusat data tersebut diimplementasikan untuk komoditas pangan dan non pangan. NCDC ini nantinya dapat mengintegrasikan seluruh data transaksi yang terdapat di gudang-gudang yang ada di Indonesia, sepanjang diberikan izin.

    "Sementara yang kita fokuskan adalah bagaimana caranya mengambil seluruh data transaksi gudang yang dimiliki oleh klaster pangan dan Bulog," papar Tri.

    Dia bilang, NCDC merupakan representasi ketahanan pangan yang ada di Indonesia karena terkait dengan kegiatan logistik, arus barang, hingga nilai uang dan data informasi. Hal-hal tersebut pun dibentuk dalam suatu big data.

    "Karena kegiatan logistik yang dijalankan oleh perusahaan selalu melibatkan bisnis komunitas dan diperkuat oleh sistem IT dan aplikasi maka terbentuklah suatu big data. Kami sudah memiliki big data tersebut. Kenapa NCDC akan diluncurkan? Karena hal tersebut tinggal didorong saja," sebutnya.

    Saat ini BGR Logistics sudah mengimplementasikan sistem dashboard ketahanan pangan untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan BUMN Klaster Pangan. Secara model, ini bisa dikembangkan menjadi NCDC," tegas Tri

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id