Menaker: Tidak Benar Ketentuan dan Syarat PHK Dipangkas

    Annisa ayu artanti - 07 Oktober 2020 18:15 WIB
    Menaker: Tidak Benar Ketentuan dan Syarat PHK Dipangkas
    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: MI/Moh. Irfan.
    Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan dalam Undang-Undang Cipta Kerja yang baru disahkan tetap mengatur mengenai ketentuan dan syarat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

    "Dalam rangka memberi perlindungan pekerja atau buruh yang menghadapi proses PHK, Undang-Undang Cipta Kerja tetap mengatur mengenai ketentuan persyaratan dan ketentuan PHK. Jadi tidak lah benar dipangkas ketentuan dan syarat PHK," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Ida menjelaskan, ketentuan dan syarat PHK tetap diatur sebagaimana Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

    Lebih lanjut, dalam Undang-Undang Cipta Kerja juga tetap memberi ruang kepada serikat pekerja atau buruh dalam memperjuangkan kepentingan anggotanya yang mengalami proses PHK.

    "Kita sama sekali tidak meniadakan peran-peran serikat pekerja dan buruh mengadvokasi anggotanya ketika mengalami persoalan PHK dengan pengusahanya," ucapnya.

    Bahkan, dia melanjutkan, Undang-Undang Cipta Kerja mempertegas mengenai hak yang seharusnya diterima pekerja atau buruh yang mengalami proses PHK. Aturan mengenai PHK dalam payung hukum baru tersebut mengikuti keputusan Mahkamah Konstitusi tahun 2011.

    "Sekali lagi, kami mengatakan bahwa kami mengikuti keputusan MK, maka proses pun ditegaskan di Undang-Undang Cipta Kerja," tegasnya.

    Disahkannya Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja menuai polemik. Ada beragam tafsir terkait isi UU di media sosial yang menimbulkan polemik. Salah satunya, Undang-Undang Cipta Kerja disebut dapat memberikan celah pada perusahaan bisa melakukan PHK kapanpun secara sepihak. 

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id