294 Ribu Pekerja Belum Terima Subsidi Upah, Kenapa?

    Annisa ayu artanti - 09 Januari 2021 19:00 WIB
    294 Ribu Pekerja Belum Terima Subsidi Upah, Kenapa?
    Ilustrasi penerima bantuan subsidi upah - - Foto: MI/ Bary Fathahilah
    Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sebanyak 294.160 pekerja belum memperoleh subsidi upah. Data pekerja tersebut masih dalam tahap rekonsiliasi dengan Bank Himbara sebagai bank penyalur bantuan.

    "Data riil penyaluran BSU saat ini masih dalam proses rekonsiliasi dengan Bank Himbara selaku Bank Penyalur mengingat dana yang tidak sedikit dan melibatkan berbagai Bank sesuai rekening calon penerima sehingga memerlukan waktu," kata Plt. Dirjen PHI dan Jamsos Tri Retno Isnaningsih dalam keterangan tertulis, Sabtu, 9 Januari 2021.

    Retno menjelaskan Kementerian Ketenagakerjaan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan agar penyaluran subsidi gaji tahun lalu yang tertunda dapat dilanjutkan kembali.

    "Kita juga terus berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, melakukan perbaikan sisa data rekening yang belum dapat tersalurkan," ucapnya.

    Sebelumnya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengakui adanya beberapa kendala yang menyebabkan subsidi gaji belum sampai ke pekerja. Di antaranya duplikasi rekening, rekening sudah tutup, rekening pasif, rekening tidak valid, atau rekening telah dibekukan.

    "Selain itu, terdapat rekening yang tidak sesuai NIK dan rekening yang tidak terdaftar di kliring. Jumlahnya rekening bermasalah ini mencapai 151 ribu rekening," kata Ida beberapa waktu lalu.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id