Sedang Dievaluasi Luhut, Keran Ekspor Benur Berpeluang Dibuka Kembali

    Insi Nantika Jelita - 29 November 2020 17:02 WIB
    Sedang Dievaluasi Luhut, Keran Ekspor Benur Berpeluang Dibuka Kembali
    Benur. Foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan
    Jakarta: Izin ekspor benur atau benih lobster berpeluang diizinkan kembali. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ad Interim sekaligus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengevaluasi kebijakan tersebut.

    Kebijakan ekspor benur telah menyeret Edhy Prabowo dalam pusaran dugaan kasus korupsi. Edhy telah resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri KKP, pascapenahanan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    "Kebijakan mengenai lobster ini masih dievaluasi. Kemarin pesan Pak Menko (Luhut) kalau memang bagus tetap saja jalan," ujar Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi, dikutip dari Mediaindonesia.com, Minggu, 29 November 2020.

    Jodi menuturkan, Luhut berpesan yang terpenting adalah semua tahapan dan prosedur dalam ekspor benur dipatuhi secara aturan atau dengan kata lain tidak diselewengkan.

    "Selama eksekusinya tidak ada permainan korupsi atau kolusi ya (ekspor benur tidak bermasalah). Kita tunggu saja hasil evaluasi," ujar Jodi.

    Terkait dengan lobster, sementara ini telah diterbitkan Surat Edaran Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Nomor B.22891/DJPT/Pl.130/XI/2020 tangggal 26 November 2020 tentang Penghentian Sementara Penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) kepada para Kepala Dinas KP provinsi/kabupaten/kota, Ketua Kelompok Usaha Bersama Penangkap BBL (Benih Bening Lobster), dan para eksportir BBL.

    Sebelumnya, Luhut menegaskan ekspor benur tidak bermasalah alias sesuai aturan Peraturan Menteri KP Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id