Jaminan Kehilangan Pekerjaan Ada di UU Cipta Kerja

    Eko Nordiansyah - 07 Oktober 2020 12:17 WIB
    Jaminan Kehilangan Pekerjaan Ada di UU Cipta Kerja
    Ilustrasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) - - Foto: Medcom
    Jakarta: Pemerintah menambah jenis jaminan sosial bagi pekerja yaitu jaminan kehilangan pekerjaan. Aturan tersebut terdapat dalam Undang-undang Cipta Kerja.

    Dilansir Medcom.id, Rabu, 7 Oktober 2020, dalam Pasal 46A Bab IV tentang Ketenagakerjaan disebutkan, pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja berhak mendapatkan jaminan kehilangan pekerjaan.

    "Jaminan kehilangan pekerjaan diselenggarakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan dan pemerintah. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penyelenggaraan jaminan kehilangan pekerjaan diatur dengan Peraturan Pemerintah," tulis ayat 2 dan 3 Pasal 46A tersebut.

    Kemudian dalam Pasal 46B disebutkan bahwa jaminan kehilangan pekerjaan diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial. Jaminan ini untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja/buruh kehilangan pekerjaan.

    "Peserta jaminan kehilangan pekerjaan adalah setiap orang yang telah membayar iuran," bunyi Pasal 46C.

    Adapun manfaat jaminan kehilangan pekerjaan berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja sebagaimana diatur dalam Pasal 46D. Manfaat diterima oleh peserta setelah mempunyai masa kepesertaan tertentu, dimana ketentuan lebih lanjut mengenai manfaat dan masa kepesertaan tertentu akan diatur dengan Peraturan Pemerintah.

    Sementara dalam Pasal 46E, sumber pendanaan jaminan kehilangan pekerjaan berasal dari modal awal pemerintah, rekomposisi iuran program jaminan sosial; dan/atau, dana operasional BPJS Ketenagakerjaan. Untuk ketentuan lebih lanjut mengenai pendanaan jaminan kehilangan pekerjaan juga akan diatur dengan Peraturan Pemerintah.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id