comscore

Shopee Percepat Pengembangan Bisnis UMKM di Sulsel

Antara - 18 Mei 2022 18:37 WIB
Shopee Percepat Pengembangan Bisnis UMKM di Sulsel
Foto: dok Shopee.
Jakarta: Shopee dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar sebagai kampus pertama di Sulawesi, sekaligus yang ke-9 di Indonesia. Kampus ini fokus untuk mempercepat pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar dan sekitarnya melalui digitalisasi, guna meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital.

Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta memperbanyak lapangan kerja.
Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiatif Shopee dalam menjangkau UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan. "Saya senang inisiatif dari salah satu platform e-commerce terbaik hadir di Sulawesi Selatan sebagai bentuk kepedulian untuk mendidik para UMKM, menumbuhkan semangat, membangkitkan produk-produk lokal, serta standardisasi para UMKM. Saat ini, terdapat 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulawesi Selatan dan sangat penting bagi mereka untuk memiliki added value, health value, dan sertifikasi sistem sehingga produk-produk lokal juga tidak kalah dengan industri-industri besar," kata Andi, dilansir Antara, Rabu, 18 Mei 2022.

"Hadirnya Kampus UMKM Shopee Makassar ini sangat membantu kami dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM. Harapannya, kampus ini dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu dan kualitas, serta sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas," ungkap Andi.

Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya menegaskan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM bagi masyarakat pegiat UMKM di Sulawesi pada umumnya, khususnya Sulawesi Selatan. "Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Karenanya, kami kembali memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar," kata Ade.

"Kami berharap kampus ini dapat menjadi one-stop service bagi para pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk perkembangan bisnisnya secara optimal. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bagi Shopee untuk turut berkontribusi bagi perkembangan perekonomian lokal," jelas Ade.

Dia mengatakan, UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee. Pendampingan BisnisTrainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.

"UMKM memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Ini menjadi alasan kami untuk terus mendukung perkembangan UMKM melalui akses digitalisasi. Kampus UMKM Shopee Makassar ini ke depannya diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya secara digital," tutup Ade.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id