comscore

Pekerja Migran Indonesia Bikin Qatar Jadi Negara Kaya di Dunia

Desi Angriani - 06 Desember 2021 14:01 WIB
Pekerja Migran Indonesia Bikin Qatar Jadi Negara Kaya di Dunia
Pemandangan salah satu sudut kota Doha, Qatar. Foto: AFP
Jakarta: Keberhasilan Qatar yang kini menjelma sebagai salah satu negara paling kaya dan makmur di dunia tak terlepas dari kontribusi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mendominasi angka PMI di negara tersebut.

Tercatat, sebanyak 12 ribu PMI dari total 17 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Qatar mengadu nasib dengan bekerja di berbagai bidang profesional. Belasan ribu pekerja tersebut berkecimpung di sektor minyak, gas, dan bumi, perbankan, kesehatan, telekomunikasi, pendidikan, RS, transportasi hingga pertanian dan peternakan.
"PMI saya anggap orang-orang pemberani. Mereka berani melangkah, berani keluar dari zona nyaman, comfort zone di negaranya masing-masing, terutama negara Indonesia," ujar Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi dalam siaran persnya, Senin, 6 Desember 2021.

Saat berangkat ke Qatar, kata Anwar, banyak PMI yang belum tahu pasti apa saja tantangan dan kendala di negara tersebut. Namun dengan modal keberanian dan semangat, para PMI mampu bertahan dan memberikan sumbangsih tak hanya untuk Qatar, tetapi Indonesia melalui sumbangan devisanya.

"Hal ini secara langsung atau tak langsung berpengaruh kepada peningkatan perekonomian negara Indonesia. Karenanya, saya mengucapkan kepada seluruh PMI, dan seluruh pahlawan devisa Tanah Air yang ada di Qatar dan juga keluarga mereka yang telah menjadi duta bangsa Indonesia," terangnya.

Anwar pun berharap Kiprah PMI dapat menjadi modal dalam mengembangkan kerja sama kedua negara di masa mendatang dari sisi ekonomi hingga budaya.

"Bukan hanya untuk kepentingan ekonomi namun juga untuk kepentingan pengembangan budaya terutama peradaban di masa mendatang," tambah dia.

Dubes RI di Qatar Ridwan Hassan sebelumnya mengatakan peran WNI di Qatar semakin diakui dengan dipilihnya Indonesia menjadi partner country dalam penyelenggaraan Qatar Year of Culture (YoC) 2023, sebuah festival kebudayaan paling bergengsi di Qatar.

"Dipilihnya Indonesia sebagai partner country YoC menjadikan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama yang menjadi partner country YoC. Peran PMI di Qatar dalam menyukseskan YoC akan sangat penting," kata Ridwan saat mengunjungi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Jumat, 4 Juni 2021 lalu.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id