Kemendag Kawal Masalah Larangan Ekspor Ikan Ke Tiongkok

    Ilham wibowo - 21 September 2020 09:33 WIB
    Kemendag Kawal Masalah Larangan Ekspor Ikan Ke Tiongkok
    Perikanan. Foto : MI.
    Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengupayakan terus mengawal masalah pelarangan ekspor makanan laut Indonesia ke Tiongkok. Alasan kemasan produk yang dinyatakan positif terkena covid-19 (virus korona) masih diinvestigasi.

    "Kami saat ini sedang melakukan (pengawalan) berkoordinasi dengan Atase Perdagangan RI di Beijing," kata Direktur Pengamanan Perdagangan Kemendag Pradnyawati kepada Medcom.id, Senin, 21 September 2020.

    Pradnyawati mengatakan pihaknya bakal mengedepankan langkah diplomatik perdagangan agar kinerja ekspor produk Indonesia bisa terus meningkat ke Tiongkok. Temuan virus korona pada makanan beku tersebut tak bisa digeneralisasi terhadap produk ekspor dari Tanah Air secara umum.

    "Kami akan kontak produsen/eksportirnya di Indonesia setelah mendapatkan informasi lebih jelas," ujarnya.

    Sejauh ini, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) telah melakukan investigasi terhadap produk hasil laut PT Putri Indah yang dilarang masuk ke Tiongkok. Pasokan produk laut ke Tiongkok ini terpaksa ditunda karena terindikasi covid-19.

    "Tiongkok minta waktu seminggu, dalam waktu seminggu itu kita saat ini sedang investigasi. Nanti paling lama Selasa kita berikan penjelasan hasil investigasi," kata Widodo, Sabtu, 19 September 2020.

    Widodo menjelaskan Tiongkok memang melakukan screening terhadap semua barang yang masuk ke negaranya. Dari sekitar 500 ribu sampel, terdapat enam kontainer yang terindikasi terpapar virus korona dan ada yang berasal dari Indonesia.

    "Tindakannya sementara ini kita investigasi nanti kita jelaskan, kenapa dan mengapanya," sebutnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id