Mentan Dorong Peningkatan Produksi Buah untuk Ekspor

    Ilham wibowo - 20 September 2020 11:38 WIB
    Mentan Dorong Peningkatan Produksi Buah untuk Ekspor
    Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Dok. Kementerian Pertanian
    Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong pengembangan produksi buah khas Indonesia untuk memenuhi kebutuhan domestik dan permintaan ekspor. Sektor pertanian diprediksi terus  berada pada momentum pertumbuhan yang signifikan selama pandemi covid-19.

    "Indonesia dan kejayaan aneka buah sayuran dan kacang-kacangan itu tidak kalah bagus dari produk dunia. Justru buah kita dari Sabang sampai Merauke menjadi kekuatan besar yang kita miliki," kata Syahrul melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 20 September 2020.

    Pernyataan tersebut disampaikan Syahrul saat mengunjungi perkebunan durian milik Warso Farm di Jalan KH. Halimi, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Kawasan agro edukasi dengan pohon siap panen serta produksi olahan yang siap jual perlu diperbanyak di berbagai daerah.

    "Produksi seperti ini harus terus dikembangkan," ujarnya.

    Menurut Mentan, produktivitas durian sebagai buah unggulan Indonesia masih perlu ditingkatkan lantaran memiliki pangsa pasar yang besar. Buah ini bahkan menjadi khas lantara hanya tumbuh di sejumlah daerah di Indonesia.

    "Kontur tanah kita bukit-bukit dan gunung-gunung dengan hawa yang cukup dingin. Kondisi ini sangat cocok untuk bercocok tanam buah-buahan, contohnya adalah Warso Farm di sini mereka bahkan menjadikannya sebagai agro edukasi," ungkapnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id