Pemerintah Sulap Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien Korona

    Eko Nordiansyah - 18 Maret 2020 16:44 WIB
    Pemerintah Sulap Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien Korona
    Wisma Atlet Kemayoran - - Foto: Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Pemerintah berencana menyulap wisma atlet Kemayoran di Jakarta Pusat sebagai lokasi untuk mengisolasi pasien virus korona (covid-19). Wisma atlet dinilai memiliki fasilitas yang cukup memadai setelah sebelumnya dimanfaatkan dalam ajang Asian Games 2018.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan rencana tersebut masih dibahas di Gugus Tugas Covid-19 yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo.

    "Wisma atlet Kemayoran masih belum digunakan sehingga dia tempat yang paling siap dari sisi fasilitas listrik, air, kami meminta BNPB menyiapkan," kata Ani sapaannya dalam video conference di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

    Ani menjelaskan penggunaan wisma atlet hanya untuk pasien yang melakukan kontak langsung dengan pasien  positif covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala sakit yang serius. Karena itu, rencana isolasi itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran korona.

    "BNPB koordinasikan pemanfaatan wisma atlet yang akan menjadi isolasi pasien covid-19 tapi tidak menunjukkan gejala sakit yang membutuhkan dukungan tenaga medis atau rumah sakit, yang penting dia isolasi agar tidak menularkan pihak-pihak lainnya," jelas dia.

    Di samping itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga akan meningkatkan sosialisasi dan edukasi terkait penanganan covid-19 ke seluruh masyarakat termasuk dinas kesehatan di daerah serta pihak swasta. BNPB akan menerbitan buku panduan demi memaksimalkan penanganan pandemi korona.


    "Apa yang mereka harus lakukan? Bagaimana? Siapa yang akan tanggung biaya? Apakah ada yang bsia diimpor? Test kit dari mana saja, akan diatur sehingga Kemenkes memberi panduan ke dinas daerah sehingga mampu menjalankan tugas optimal," ungkapnya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id