Pasar Tradisional Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

    Ilham wibowo - 14 Mei 2020 20:26 WIB
    Pasar Tradisional Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
    Pasar tradisional. Foto : AFP.
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto telah menyiapkan protokol kesehatan di pasar tradisional yang wajib dilaksanakan untuk mencegah penyebaran covid-19. Saksi tegas akan diberikan kepada masyarakat maupaun pedagang yang melanggar.

    "Pengelola harus menyiapkan dan memastikan seluruh pedagang menggunakan masker sarung tangan selama beraktifitas dan memastikan elemen pasar negatif covid-19 dari rapid test atau PCR yang difasilitasi Pemda," kata Agus di gedung BNPB, Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

    Protokol kesehatan penting dipatuhi agar menciptakan rasa aman bagi konsumen. Agus berpesan agar operasionalisasi tetap mengedepankan kebersihan pasar, pedagang dan pembeli menerapkan physical distancing, serta mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

    "Kemudian pintu masuk harus gunakan batas pagar untuk kontrol jumlah pengunjung dan 30 persen dari kapasitas normal dengan durasi 2,5 jam waktu pengunjung secara interval," paparnya.

    Kemendag, lanjut Agus, juga terus mendorong pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan inovasi dalam operasional pasar rakyat di masa pandemi.

    Inovasi itu misalnya menggunakan sistem pesan antar barang melalui media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, sebagaimana telah dilakukan pengelola pasar di DKI Jakarta, Purbalingga, Palembang, Pontianak, Balikpapan, juga Denpasar.

    "Memberikan teguran dan sanksi kepada pedagang yang tidak mematuhi SOP ini. Kemudian mengoptimalkan ruang berjualan di tempat terbuka atau tempat parkir dengan physical distancing," ungkapnya.

    Agar kebijakan ini berjalan baik, Kemendag berkoordinasi dengan BNPB akan menerbitkan surat edaran kepada seluruh ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia. Masyarakat diharapkan tetap tenang untuk mengisi kebutuhan pokok.

    "Saya ajak semua lapisan masyarakat dorong operasional pasar rakyat dengan mengedepankan dan mematuhi protokol kesehatan. Jangan panic buying, belanja seperlunya, saya jamin kepenuhan bahan pokok tersedia dengan jumlah yang cukup serta harga terjangkau," pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id