GoFood Bantu UMKM di Tengah Covid-19

    Angga Bratadharma - 14 Mei 2020 09:45 WIB
    GoFood Bantu UMKM di Tengah Covid-19
    GoFood bantu UMKM di tengah covid-19. FOTO: Gojek Indonesia
    Jakarta: Kemudahan pelanggan dalam berkuliner, termasuk mengakses berbagai makanan siap masak berdampak positif pada kelangsungan pendapatan mitra merchant GoFood di tengah dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi covid-19. Komitmen Gojek untuk menjaga volume transaksi para mitra merchant tercermin melalui berbagai inisiatif.

    Komitmen itu termasuk mengembangkan teknologi dan akses produk agar mitra merchant bisa menjual aneka kuliner siap masak yang dibutuhkan masyarakat. Dengan adanya kategori baru di GoFood, yaitu ‘Siap Masak’, mitra merchant GoFood yang tadinya hanya bisa menjual makanan siap santap, memiliki peluang bisnis dan target pelanggan baru.

    Hal itu dengan adanya pilihan untuk menawarkan menu/SKU jenis makanan siap masak dan menambah volume transaksi mereka di masa pandemi yang bertepatan dengan Ramadan ini. Kondisi ini juga seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin menghabiskan banyak waktu di dapur selama di rumah saja namun tetap menginginkan bahan kuliner praktis.
     
    Ricky Marshal, pemilik outlet Nasi Uduk Babeh Ali, Tangerang mengatakan selama masa pandemi covid-19 ini sebagai merchant harus memutar otak agar dapat terus berjualan sambil turut mendukung anjuran #dirumahaja. Untungnya, GoFood tanggap dalam hal memberikan ide untuk berjualan makanan siap saji dan siap masak.

    "Yang sekarang banyak dicari masyarakat pada umumnya. Setelah diberitahu oleh pihak GoFood, kami langsung berpikir untuk menjual tiga menu siap masak & siap saji dengan nama ‘Siap GORENG 1 Ekor Ayam Kampung, Siap Goreng Empal Isi 3, dan Siap BAKAR 1 Ekor Ayam Kampung’," tuturnya, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis, 14 Mei 2020.

    Selain itu, dengan adanya kerja sama antara Gojek dan Kementerian Pertanian, para pedagang yang tergabung pada outlet Pasar Mitra Tani/TTIC namun mengalami perlambatan penjualan pada saat pandemi dan diberlakukannya PSBB, kini terfasilitasi untuk berjualan secara online lewat GoFood guna memperluas akses terhadap pasar di masa pandemi covid-19.

    Agus Widodo selaku salah satu vendor pemasok beras untuk Pasar Mitra Tani di Pasar Minggu & Bogor mengatakan sebelumnya ia hanya bisa menjual 1-1,5 ton beras. Saat covid-19 justru mengalami peningkatan penjualan sebesar 25-50 persen setelah Pasar Mitra Tani bekerja sama dengan GoFood.

    "Saya rasa kerja sama dengan GoFood ini sangat bagus karena dapat memperluas pangsa pasar kami, sehingga bisa menjangkau konsumen dari wilayah lain," ucapnya.

    Adapun di masa pandemi covid-19 ini, GoFood menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menjual bahan pangan pokok. Kerja sama yang terjalin dilakukan guna menjaga pasokan dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok selama masa pandemi covid-19 di Indonesia. 



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id