Sinergi BUMN Dorong Pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Desa

    M Sholahadhin Azhar - 20 Maret 2021 01:55 WIB
    Sinergi BUMN Dorong Pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Desa
    Pertashop. Foto: Istimewa



    Jakarta: Dua badan usaha milik negara (BUMN), Pertamina dan BNI, bersinergi memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan perekonomian desa. Pertamina dan BNI menginisiasi program Quick Win menyosialisasikan Pertashop di Pesawaran, Lampung.

    "Memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat, UMKM, dan seluruh calon mitra lainnya untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan energi negeri," kata Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Arya Suprihadi, melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 Maret 2021.






    Menurut dia, pelaku UMKM di desa bisa dengan mudah bergabung dengan Pertashop. Mereka juga tak perlu mengkhawatirkan pasokan dan prosedur operasional pelayanan karena ada pelatihan khusus.

    Baca: Pertamina Uji Coba Kapal Tanker Raksasa Buatan Jepang

    Arya menyebut sudah ada 1.371 Pertashop di seluruh Indonesia, termasuk 102 outlet di Lampung. Dia berharap Pertashop dapat mempermudah aktivitas masyarakat sekaligus membuka lapangan kerja.

    Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal, mengatakan kolaborasi program Quick Win dan Pertashop mengedepankan pemberdayaan UMKM sekaligus penyediaan bahan bakar hingga ke pelosok. Pihaknya juga mendorong pertumbuhan perekonomian nasional di tengah pandemi.

    "Selain makin banyak masyarakat yang kebutuhan energinya terlayani dengan baik, makin banyak pula UMKM dan ekonomi desa yang diberdayakan dalam prosesnya," kata Iqbal.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id