UU Cipta Kerja Disebut Mampu Stabilkan Harga Pangan

    Antara - 10 Oktober 2020 13:52 WIB
    UU Cipta Kerja Disebut Mampu Stabilkan Harga Pangan
    Ilustrasi harga pangan - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Galuh Octania menilai Undang-undang Cipta Kerja akan membawa dampak positif bagi sektor pertanian. Sebab, payung hukum baru ini merelaksasi regulasi impor produk hortikultura sehingga harga pangan menjadi stabil.

    "UU Cipta Kerja merelaksasi regulasi impor produk hortikultura dan hal ini diharapkan dapat membantu menstabilkan harga dan menjamin ketersediaan pasokan komoditas pangan di pasar," kata Galuh Octania dikutip dari Antara, Sabtu, 10 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan pembebasan impor untuk beberapa proses produksi penting di rantai pasokan subsektor hortikultura. Namun, pemerintah tetap harus memastikan adanya proses transfer teknologi dan membagi praktik lewat mekanisme tersebut.

    Kemudian pemerintah juga menyederhanakan proses perizinan, yang semula berada di bawah berbagai kementerian dan lembaga teknis, kini berada di bawah pemerintah pusat. Dengan begitu, unit usaha hortikultura menengah dan besar tidak lagi membutuhkan Hak Guna Usaha (HGU) untuk menggunakan lahan negara.


    "Namun hal ini harus diikuti adanya pengawasan bahwa penggunaan lahan tersebut harus sesuai dengan peruntukan dan perizinan awalnya, juga memperhatikan regulasi terkait lingkungan. Kalau pengawasan tidak berjalan, dikhawatirkan akan muncul masalah baru," tutup dia.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id