comscore

Perlu Kebijakan Dukung Peningkatan Pertanian Keluarga

Antara - 18 Mei 2022 10:25 WIB
Perlu Kebijakan Dukung Peningkatan Pertanian Keluarga
Ilustrasi pertanian keluarga. Foto: Mi/Ramdani.
Jakarta: Badan Pangan Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) menyebutkan, membutuhkan kebijakan yang kuat dalam mendukung peningkatan pertanian keluarga yang merupakan kelompok tani paling dominan di Indonesia.

"Kebijakan yang efektif akan memperkuat pertanian keluarga untuk menghadapi tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan saat ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun dan memperkuat kebijakan, investasi, dan kerangka kelembagaan yang mendukung untuk pertanian keluarga di tingkat nasional dan subnasional," kata Perwakilan FAO Rajendra Aryal di Indonesia dan Timor Leste, dikutip dari Antara, Rabu, 18 Mei 2022.
Menurutnya, pertanian keluarga harus dilaksanakan secara terpadu dengan tata kelola yang inklusif dan efektif, berdasarkan data yang relevan secara geografis dan tepat waktu.

Sekitar 93 persen petani Indonesia adalah pertanian keluarga skala kecil, yang bercocok tanam di lahan sederhana dengan luas rata-rata 0,6 hektare (ha). Petani di Indonesia merupakan bagian penting dari petani Asia Pasifik yang 70 persennya merupakan pertanian keluarga. Pertanian keluarga menghasilkan 80 persen pangan di kawasan.

Di Indonesia, sektor pertanian sangat penting bagi perekonomian dengan menyumbang 14 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Majelis Umum PBB mencanangkan Dekade Pertanian Keluarga PBB 2019-2028 (UNDFF) sejak 2017 sebagai kerangka kerja bagi negara-negara untuk mengembangkan kebijakan publik dan investasi untuk mendukung pertanian keluarga.

Menurut Rajendra, Dekade Pertanian Keluarga merupakan kesempatan untuk berkontribusi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan cara yang inklusif, kolaboratif, dan koheren.

Kementerian Pertanian telah mengambil inisiatif untuk mengimplementasikan Pertanian Keluarga ‘Pekarangan untuk Pangan Berkelanjutan’ sebagai salah satu program inisiatif unggulan dalam pertanian keluarga di Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui berbagai kementerian-lembaga dan pemangku kepentingan terkait menggerakkan sebuah konsensus nasional lintas pihak untuk menjadikan pertanian keluarga sebagai sebuah prioritas nasional yang didukung oleh berbagai kementerian dan organisasi petani. Konsensus ini akan menjadi bagian penting dari finalisasi Rancangan Aksi Nasional Pertanian Keluarga dan Rencana Aksi Strategis.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id