BPS: Masyarakat Indonesia Sangat Anti Korupsi

    Antara - 15 Juni 2020 17:56 WIB
    BPS: Masyarakat Indonesia Sangat Anti Korupsi
    Kepala BPS Suhariyanto. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut bahwa masyarakat Indonesia masuk kategori sangat anti korupsi yang dilihat dari Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia pada 2020 sebesar 3,84. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian pada 2019 sebesar 3,70 pada skala 0-5.

    Nilai indeks semakin mendekati lima menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin anti korupsi, sebaliknya nilai IPAK yang semakin mendekati nol menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin permisif terhadap korupsi.

    "Dengan angka tersebut, maka bisa dibilang bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat anti korupsi. Terlebih dibandingkan indeks tahun lalu yang meningkat. Berarti semakin anti korupsi," ujar Kepala BPS Suhariyanto, di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin, 15 Juni 2020.

    Pada 2020, IPAK masyarakat perkotaan lebih tinggi yaitu 3,87 dibanding masyarakat perdesaan yakni 3,81. Artinya, kesadaran anti korupsi masyarakat perkotaan lebih tinggi dibandingkan masyarakat pedesaan.

    Selain itu, hasil survei yang dilakukan terhadap 10 ribu rumah tangga tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi pendidikan, masyarakat cenderung semakin anti korupsi.

    Pada 2020, IPAK masyarakat berpendidikan di bawah SLTA sebesar 3,80; SLTA sebesar 3,88; dan di atas SLTA sebesar 3,97.

    Sedangkan, masyarakat pada usia 40 tahun ke bawah paling anti korupsi dibanding kelompok usia lain. Pada 2020, IPAK masyarakat berusia di bawah 40 tahun sebesar 3,85; usia 40–59 tahun sebesar 3,84; dan usia 60 tahun atau lebih sebesar 3,82.

    "Jadi, kalau usia 40 tahun ke bawah itu idealis, jadi paling anti korupsi," pungkas Suhariyanto.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id