Ide Pajak Sepeda Dinilai Langkah Mundur Pengelolaan Transportasi

    Ilham wibowo - 01 Juli 2020 13:24 WIB
    Ide Pajak Sepeda Dinilai Langkah Mundur Pengelolaan Transportasi
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Wacana pengenaan pajak sepeda dinilai tidak sejalan dengan tujuan pemerintah untuk menekan tingkat polusi udara. Di samping itu, pertumbuhan industri sepeda juga akan turun karena peraturan akan berimbas pada daya beli masyarakat.

    "Apakah benar atau tidak, ide untuk menetapkan pajak sepeda buat kami merupakan langkah mundur kalau pemerintah sampai punya ide seperti itu," kata Sekjen Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo kepada Medcom.id, Rabu, 1 Juli 2020.

    Menurut Eko adanya pajak sepeda bakal membuat masyarakat semakin malas untuk beralih pada alat transportasi yang ramah lingkungan. Untuk itu, komitmen pemerintah agar polusi udara berkurang lewat penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi perlu tetap dijalankan.

    "Kita harus mencari kendaraan transportasi dengan memakai energi hijau dan ini jadi isu utama di banyak negara tentang kebersihan lingkungan dari semua polusi udara itu," ujarnya.

    Semakin tinggi optimisme masyarakat yang beralih menggunakan sepeda sejalan dengan pertumbuhan industri produk kendaraan kayuh ini. Ketimbang memikirkan pajak sepeda dan regulasi yang berat, kata Eko, pemerintah mestinya ikut mendukung dengan menyediakan infrastruktur memadai yang sesuai dengan ekspektasi masyarakat pesepeda.

    "Seharusnya dipikirkan lebih jauh karena kalau pajak diberikan kepada sepeda mau mulai dari mana dan itu sulit, sepeda bekas yang tidak dipakai bagaimana, itu panjang dan memakan waktu dan biaya untuk membahasnya, dan akhirnya industri tidak berkembang karena daya beli masyarakat akan turun," paparnya.

    Eko menambahkan bahwa pandemi covid-19 seharusnya bisa dijadikan momentum bagi pemerintah menunjukkan keseriusannya untuk mendorong lebih banyak pengguna kendaraan ramah lingkungan. Dalam dua bulan terakhir, kata Eko, penjualan sepeda sudah meningkat hingga empat kali lipat dari posisi transaksi tertinggi setiap tahunnya di kondisi normal.

    "Dengan adanya masyarakat bersepeda ini juga akan meningkatkan kesehatan masyarakat. Olahraga dan alat transportasi perlu jadi visi besar suatu negara. Juga untuk mengurangi subsidi pemerintah di sektor bahan bakar yang masih harus impor dengan kebutuhan bahan bakar yang begitu besar," pungkasnya.  
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id