KKP: Tak Semua Produk Laut RI Dilarang Tiongkok

    Annisa ayu artanti - 19 September 2020 15:56 WIB
    KKP: Tak Semua Produk Laut RI Dilarang Tiongkok
    Ilustrasi ekspor produk laut Indonesia ke Tiongkok - - Foto: Setkab
    Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan tidak seluruh produk laut Indonesia dilarang masuk ke Tiongkok. Produk yang dilarang masuk saat ini berasal dari kontainer milik PT Putri Indah yang terindikasi covid-19 pada kemasan luar.

    "Indonesia dibanned, Indonesia tidak boleh ekspor. Tidak benar. Hanya terhadap PT Putri Indah," kata Kepala Pusat Pengendalian Mutu KKP Widodo Sumiyanto kepada Medcom.id, Sabtu, 19 September 2020.

    Ia menjelaskan Indonesia dan Tiongkok telah bekerja sama dalam sistem penjaminan mutu. Ketika ada kasus yang disinyalir mengancam mutu produk, maka kesepakatan bersama akan dihentikan sementara.

    "Indonesia diwakili BKIPM dan Tiongkok itu sudah ada kerja sama sistem jaminan mutu. jadi ketika ada persoalan, maka seluruh eksportasi dari PT tersebut sementara dihentikan," jelas ya.

    Widodo menambahkan BKIPM selaku otoritas mengimbau seluruh bisnis operator yang mencapai 1.027 dan 664 eksportir Tiongkok untuk mewaspadai kemungkinan terpaparnya produk dari virus korona.


    "Jadi jelas dari Tiongkok, bahwa diduga satu kontainer dari sekian puluh ribu kontainer dari Indonesia ada yang terindikasi adanya covid di kemasan terluar," pungkasnya.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id