Typo, 2 Juta Pendaftar Kartu Prakerja Tak Lolos

    Media Indonesia.com - 27 Juli 2020 18:40 WIB
    <i>Typo</i>, 2 Juta Pendaftar Kartu Prakerja Tak Lolos
    Program Kartu Prakerja. Foto: dok Kartu Prakerja.
    Jakarta: Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja mengungkapkan dua juta calon peserta program kartu prakerja gagal karena salah ketik baik di nomor telepon, NIK KTP, atau lainnya. Sehingga tidak terdata.

    "Jadi saya ingin mengajak rekan peserta prakerja, kita harus teliti cek and ricek dulu dan pastikan e-mail diperhatikan. NIK juga, salah satu digit akan tidak terdeteksi," kata Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, saat webinar Mulai Wirausaha Bersama Kartu Prakerja, dikutip dari Media Indonesia, Senin, 27 Juli 2020.

    Selain itu, sebanyak dua juta peserta gagal pada tahap verifikasi email dan konfirmasi nomor telepon. Verifikasi diperlukan karena merupakan jalan digital untuk otentikasi. Diketahui, sampai hari ini dari tiga gelombang yang sudah bergulir jumlah peserta mencapai 680 ribu orang. Serta yang menunggu di gerbang batch empat yang sudah lolos sampai verifikasi sudah 4,6 juta orang.

    Adapun dari 680 ribu orang yang sudah memilih pelatihan sebanyak 600 ribu orang. Sementara 80 ribu orang belum memilih pelatihan.

    "80 ribu ini saya enggak mengerti kenapa enggak kunjung beli program pelatihan, jangan-jangan sudah ganti nomor telepon atau enggak pernah buka e-mail," ujar Denni.

    Selanjutnya, dari 600 ribu orang sekitar 480 ribu peserta sudah menyelesaikan pelatihan dan mendapat insentif. Oleh karena itu, Denni mengimbau kepada peserta untuk benar-benar memanfatkan program tersebut. Setiap tahun terdapat 2,4 juta angkatan kerja baru, dan program ini hanya berlaku satu kali seumur hidup.

    "Jadi yang sudah mendapakan programnya dimanfaatkan betul-betul. Kami juga melihat 75 persen peserta prakerja bersedia mengambil pelatihan kembali jika pada pelatihan pertama telah habis," pungkasnya. (M. Iqbal Al Machmudi)

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id