Pemerintah Buka Impor Sejumlah Komoditas

    Eko Nordiansyah - 06 Maret 2020 19:11 WIB
    Pemerintah Buka Impor Sejumlah Komoditas
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Pemerintah memutuskan akan membuka impor bahan baku demi memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dalam rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah akan segera menerbitkan izin untuk garam, gula, bawang putih, hingga daging kerbau.

    "Ya beberapa yang terkait dengan garam industri, gula, daging kerbau. Daging kerbau baru 100 ribu ton ke Bulog," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Maret 2020.

    Sementara itu Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan percepatan impor bahan baku ini sebagai mana arahan Presiden Joko Widodo. Pemerintah saat ini tengah melakukan koordinasi antar lembaga sehingga bisa mempercepat pelaksanaan impor ini.

    Dirinya menambahkan impor dilakukan demi menambah stok yang ada di dalam negeri. Sedangkan untuk bawang putih, pemerintah berharap tambahan impor akan memenuhi permintaan dalam negeri sehingga bisa menurunkan harga yang tinggi beberapa waktu terakhir.

    "Bawang putih segera akan kita keluarkan semua berdasarkan permohonan. Dari RIPH yang sudah ke luar kira-kira mungkin 90 ribu ton ya. Nanti kita evaluasi, kita lihat segera mungkin ke luarnya dalam beberapa hari ke depan," jelasnya.

    Adapun impor daging kerbau, pemerintah akan memberi penugasan kepada Perum Bulog. Menurut Agus, izin impor akan diberikan dalam beberapa hari ke depan, sehingga Bulog bisa langsung menjalankan mandat impor ini.

    "Daging memang sudah dilaksanakan nanti dengan Bulog ya untuk kerbau. Kita keluarkan sesegera mungkin diproses untuk ke luar," pungkas dia.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id