Kementerian BUMN: Distribusi Rapid Test Ranah Kemenkes

    Annisa ayu artanti - 23 Maret 2020 17:47 WIB
    Kementerian BUMN: Distribusi <i>Rapid Test</i> Ranah Kemenkes
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Kebutuhan alat deteksi virus korona dengan metode rapid test terus bertambah seiring banyaknya jumlah orang yang akan diperiksa di Indonesia.

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan BUMN telah melakukan impor alat-alat tes tersebut. Secara bertahap alat tes tersebut sampai ke Indonesia dan segera diserahkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk didistribusikan.

    "Secara bertahap kemarin itu sudah masuk. Kemudian hampir tiap hari kita akan memasukannya. Supaya kebutuhan akan rapid test ini bisa tercapai," kata Arya kepada Medcom.id, Senin, 23 Maret 2020.

    Arya menegaskan Kementerian BUMN hanya bertugas mengadakan alat tes tersebut. Sementara untuk penyalurannya akan diserahkan kepada Kemenkes, nantinya akan dipilih rumah sakit mana saja yang akan memperoleh alat tes tersebut.

    "Kemudian untuk distribusnya, kami itu memang mengadakannya untuk Kementerian Kesehatan. Jadi Kemenkes yang akan mengirimkannya ke ruamah sakit-rumah sakit. Jadi kita tidak langsung yah," jelas Arya.

    Sebelumnya, pemerintah memang tengah menyiapkan sebanyak satu juta rapid test (uji cepat) virus korona (covid-19). Namun, ini akan dilaksanakan secara bertahap.

    "Sampai hari ini sudah 2.000 pemeriksaan dan masih jalan," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu, 21 Maret 2020.

    Selain itu, sudah tersedia 150 ribu reagen untuk pemeriksaan sampel. Nantinya, reagen akan didistribusikan ke seluruh provinsi, sesuai dengan kondisi kasus yang didapat.

    Rapid test pertama sudah dilaksanakan di Jakarta Selatan, pada Jumat, 20 Maret 2020. Area tersebut dipilih karena banyak kelompok berisiko di sana. "Rapid test akan disinergikan dengan dressing pada kaos positif," kata Yuri.




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id