Subsidi Upah Kemungkinan Diperpanjang hingga Semester I-2021

    Eko Nordiansyah - 10 September 2020 17:28 WIB
    Subsidi Upah Kemungkinan Diperpanjang hingga Semester I-2021
    Ilustrasi penerima subsidi upah - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Pemerintah berencana melanjutkan program subsidi upah bagi pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta. Program ini kemungkinan berlangsung selama enam bulan atau sepanjang semester I tahun depan.
     
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan keputusan Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan program subsidi gaji hingga 2021.

    "Berdasarkan hasil rapat kemarin dengan Presiden, ini akan dilanjutkan di 2021 selama tiga bulan dan mungkin akan kita pertimbangkan enam bulan di kuartal I dan kuartal II," katanya dalam Rakornas Kadin Indonesia di Jakarta, Kamis, 10 September 2020.

    Untuk tahun ini, pemerintah menargetkan 15,7 juta pekerja akan mendapatkan subsidi sebesar Rp600 ribu per orang per bulan. Total anggaran yang disiapkan untuk program subsidi gaji di tahun ini mencapai Rp37,74 triliun.

    "Program ini untuk menjaga demand. Subsidi upah yang pegawai bergaji di bawah Rp5 juta, ini sudah disiapkan untuk 15,7 juta pekerja. Artinya hampir seluruh buruh di sektor industri diadakan subsidi upah," jelas dia.
     
    Hingga akhir Agustus lalu, realisasi penyaluran subsidi gaji baru Rp3 triliun atau hanya 7,9 persen dari total anggaran. Dari sisi jumlah, baru 2,5 juta pekerja yang telah menerima subsidi gaji Rp1,2 juta untuk dua bulan.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id