BI Genjot Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan

    Husen Miftahudin - 06 Juli 2020 13:44 WIB
    BI Genjot Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan
    Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto: dok Bank Indonesia
    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mendorong peningkatan digitalisasi sistem pembayaran ekonomi kerakyatan berskala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Langkah ini diharapkan dapat mendukung integrasi ekonomi keuangan digital.

    "Kita terus menyiapkan era new normal (kenormalan baru) dengan mengangkat model bisnis, model keuangan, dan juga sektor-sektor ekonomi agar tumbuh sesuai dengan digitalisasi. Oleh karena itu berbagai aspek manajemen digitalisasi sangat penting," ujar Perry dalam diskusi webinar Kafegama, Senin, 6 Juli 2020.

    Dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang diluncurkan bank sentral pada Mei 2019, BI mengarahkan digitalisasi sistem pembayaran untuk mendukung integrasi ekonomi keuangan digital, mendorong open banking digitalisasi perbankan, menghubungkan digitalisasi perbankan dengan fintech. Termasuk menggarap segmen-segmen ekonomi kerakyatan.

    Perry yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (Kafegama) mengakui aktivitas bisnis ekonomi kerakyatan saat ini masih dipandang sebelah mata lantaran masuk dalam sektor informal. Padahal potensi UMKM sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

    "Potensi mereka (ekonomi kerakyatan) sangat besar karena ada sebanyak 67,5 juta pelaku UMKM dari 91 jutaan penduduk (yang bekerja) di sektor informal," tuturnya.

    Oleh karena itu, tegasnya, penting bagi semua pihak untuk mendukung, mempersiapkan, dan mengarahkan ekonomi kerakyatan memberlakukan gaya hidup baru (new lifestyle) ke dalam ekonomi keuangan digital.

    "Bagian penting dari new normal adalah bagaimana kita mendukung dan mengakselerasi digitalisasi dari berbagai aspek keuangan kita, ekonomi keuangan digital untuk mendukung pemulihan ekonomi kita ini dari pandemi covid-19," pungkas Perry.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id