Pekerja Informal Paling Terpukul Hadapi Dampak Covid-19

    Siswantini Suryandari - 14 September 2020 20:31 WIB
    Pekerja Informal Paling Terpukul Hadapi Dampak Covid-19
    Ilustrasi tukang ojek online. Foto: dok MI/Francisco Utama Gani.
    Jakarta: Flourish Ventures sebuah perusahaan modal ventura global dengan investasi portofolio di Asia merilis laporan hasil evaluasi bagaimana pekerja independen atau gig worker dalam ekonomi informal Indonesia dalam mengatasi dampak pandemi.

    Pekerja independen atau informal antara lain ojek, pedagang online, penyedia jasa rumah tangga dan kurir. Dari hasil survey yang dirilis dalam Laporan Indonesia Spotlight Agustus 2020 mencakup 586 pekerja informal yang disurvey menyebutkan 86 persen responden terdampak covid-19 dan penghasilan mereka berkurang.

    Laporan Indonesia Spotlight adalah edisi ketiga dari seri laporan Flourish yang dinamakan The Digital Hustle: Gig Worker Financial Lives Under Pressu. Para responden yang disurvey memiliki penghasilan lebih dari Rp3 juta mengalami penurunan dari Maret sebesar 43 persen menjadi lima persen pada Juni/Juli 2020.

    Sedangkan pekerja independen berpenghasilan kurang dari Rp1 juta mengalami penurunan dari delapan persen pada Maret, menjadi 55 persen pada Juni/Juli 2020. Dalam laporan tersebut disebutkan 74 persen responden khawatir dampak covid-19.

    Namun untuk pekerja informal lebih khawatir dampak covid-19 terhadap perekonomian. Sebanyak 52 persen responden lebih khawatir masalah ekonomi daripada kesehatan (14 persen). Pekerja informal di kota-kota besar paling terkena dampak. Sebanyak 63 persen responden mengaku kehilangan penghasilan di kota-kota besar, sedangkan di kota-kota kecil responden kehilangan penghasilan mencapai 49 persen.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id