RI Bakal Karantina Turis Asing

    Suci Sedya Utami - 17 Maret 2020 13:41 WIB
    RI Bakal Karantina Turis Asing
    Turis Asing. Foto : MI.
    Jakarta: Pemerintah hingga saat ini belum memutuskan untuk mengunci diri (lockdown) dalam upaya penanganan penyebaran virus korona (covid-19). Hal ini membuat mobilitas manusia termasuk warga negara asing (WNA) masih bisa masuk dan keluar Indonesia.

    Namun pemerintah berencana bakal menerapkan mekanisme karantina khususnya bagi wisataan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia. Khususnya bagi turis yang berasal dari negara yang diduga terinfeksi virus tersebut.

    "Kita sedang terpikir sekarang dari negara-negara yang punya kemungkinan (terangkit) virus korana kami mau bikin 14 hari karantina juga untuk datang ke Indonesia seperti di negara lain juga Jepang, Korea Selatan," kata Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam tayangan yang disiarkan langsung dari akun instagram resmi milik Kemenko Maritim dan Investasi, Senin malam, 16 Maret 2020.

    Sementara itu mengenai lockdown, Luhut mengatakan pemerintah belum berniat untuk mengambil langkah tersebut. Dia bilang saat ini pemerintah masih dalam posisi melihat hal-hal yang masih bisa dikontrol.

    Luhut mengatakan sebenarnya dibandingkan negara lain, Indonesia masih dalam kondisi yang cukup tenang. Ia bilang semua langkah dan keputusan yang diambil presiden dilakukan dengan cermat, termasuk mempertimbangkan pandangan dan masukan yang datang ke pemerintah.

    "Saya kira tidak ada kekhawatiran yang berlebihan. Proses keputusan presiden melakukan dengn cermat, kita lihat dari berbegai angle masukan," jelas Luhut.

    Sementara itu, data hingga Senin, 16 Maret 2020, jumlah pasien yang terjangkit virus korona (covid-19) di Tanah Air bertambah 17 orang sehingga total yang positif menjadi 134 orang.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id