comscore

Penyaluran BST di Pacitan Capai 95%

Rosa Anggreati - 13 September 2021 20:40 WIB
Penyaluran BST di Pacitan Capai 95%
Di Pacitan, Jawa Timur, penyaluran bantuan sosial tunai (BST) oleh Pos Indonesia telah mencapai 95 persen (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) terus menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) di seluruh Indonesia melalui PT Pos Indonesia (Persero). Di Pacitan, Jawa Timur, penyaluran BST telah mencapai 95 persen.

"Penyaluran BST di Pacitan mencapai 95 persen. Sisa 5 persen karena berbagai sebab, di antaranya KPM (keluarga penerima manfaat) meninggal dunia, sudah mendapat bantuan (bantuan ganda), atau sedang pergi keluar kota," kata Kepala kantor Pos cabang Pacitan, Yuli Santoso H.

 



Data per Agustus 2021, BST di Pacitan dialokasikan untuk disalurkan kepada 24.321 KPM. Saat ini, BST yang disalurkan kepada 23.097 KPM dan tersisa 1.224 KPM.

Penyaluran BST dilakukan dengan cara diantarkan langsung ke rumah para KPM oleh petugas juru bayar. Dalam pengantaran ini petugas juru bayar menghadapi beragam tantangan, mulai dari kontur wilayah di Pacitan hingga menjaga diri dari risiko terpapar covid-19.

"Untuk melindungi petugas juru bayar, kami sudah memvaksin semua petugas. Mereka juga dibekali alat penunjang protokol kesehatan (prokes) berupa masker, sarung tangan, faceshied, dan handsanitizer," ujar Yuli.

Lebih lanjut Yuli berharap agar program BST dapat terus berlangsung, mengingat saat ini sangat banyak warga yang membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Penyaluran BST di Pacitan Capai 95%
Kepala kantor Pos cabang Pacitan, Yuli Santoso H (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

"KPM di Pacitan sangat membutuhkan bantuan karena banyak warga yang terdampak pandemi," ucap Yuli.

Sementara itu Roni Rudianto, petugas juru bayar BST KPC Pos Pacitan, mengatakan dalam menjalankan tugas dirinya dan rekan-rekan menerapkan prokes ketat.

"Kami semua sudah divaksin covid-19. Kami juga selalu memakai masker, cuci tangan, pakai sarung tangan dan faceshield, juga memakai pin 'sudah divaksin' supaya warga tidak khawatir," kata Roni.

Penyaluran BST di Pacitan Capai 95%
(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

Penyaluran BST di Pacitan mendapat sambutan hangat dari KPM. Salah satunya, Mbah Bogiyah. Di usianya yang sudah senja, Mbah Bogiyah masih mencari nafkah dengan berjualan makanan di warung. BST tentu saja membantu meringankan beban yang dipikul Mbah Bogiyah.

"Saya dapat bantuan BST Rp600 ribu untuk dua bulan. Alhamdulillah, senang ada bantuan. Uangnya dipakai untuk membeli makanan karena Mbah Kakung kan tidak ada penghasilan," ucap Mbah Bogiyah.

Kondisi serupa juga dialami oleh KPM Harinastuti. Keluarganya terdampak covid-19, pendapatan berkurang dan beban hidup terasa semakin berat.

"Saya menerima bantuan BST Rp600 ribu untuk dua bulan. Semoga bantuan ini terus berlanjut," kata Harinastuti.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id