Badan Pembangunan Prancis Hibahkan 1,2 Juta Euro untuk Bangun PLTA Masang II

    Suci Sedya Utami - 18 Juni 2021 21:59 WIB
    Badan Pembangunan Prancis Hibahkan 1,2 Juta Euro untuk Bangun PLTA Masang II
    Ilustrasi PLTA yang digarap PLN - - Foto: dok PLN



    Jakarta: Badan Pembangunan Prancis (Agence Francais de Développement/ADF) memberikan hibah 1,2 juta euro pada PLN untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA) Masang II, Sumatra Barat.

    Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan hibah ini akan mendukung environment and social impact assessment (ESIA) dan land acquisition and resettlement action plan (LARAP) untuk proyek PLTA Masang II. Perjanjian hibah ini menjadi dukungan kedua dari AFD.

     



    Pada 2017, AFD telah mendukung PLN untuk studi kelayakan untuk proyek yang sama. "Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan berkelanjutan dari AFD untuk pengembangan energi terbarukan di Indonesia,” kata Zulkifli.

    PLTA Masang merupakan PLTA run of river dengan perkiraan kapasitas sebesar 44 megawatt (MW) yang ditargetkan beroperasi pada 2027. Zulkifli menjelaskan perseroan mendorong pengembangan energi baru terbarukan di Tanah Air. PLN telah menetapkan sasarannya untuk mengembangkan energi terbarukan dalam perencanaan jangka panjang untuk perluasan pembangkit. 

    "Untuk mengembangkan potensi tersebut, PLN akan mempertimbangkan keseimbangan pasokan dan permintaan listrik, potensi sumber daya lokal, keandalan, keberlanjutan, ketahanan energi, dan ekonomi,” jelas Zulkifli.

    Sementara itu, Country Director AFD Indonesia Emmanuel Baudran menjelaskan dukungan yang diberikan kepada PLN akan membantu dalam persiapan penyusunan rencana pengelolaan lingkungan dan sosial yang komprehensif. Upaya tersebut turut mendukung proyek energi terbarukan sebagai bagian dari persiapan proyek.

    "Terlebih lagi, PLTA Masang II akan berkontribusi kepada target Pemerintah Indonesia guna memiliki sumber energi terbarukan yang modern,” tutur Emmanuel.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id