Supaya Dilirik Investor, UU Migas Dinilai Mendesak Direvisi

    Fachri Audhia Hafiez - 17 Oktober 2021 15:25 WIB
    Supaya Dilirik Investor, UU Migas Dinilai Mendesak Direvisi
    Pengamat energi Mamit Setyawan dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id. Dok. Tangkapan Layar



    Jakarta: Revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas) dinilai menjadi suatu keharusan. Perubahan itu diperlukan untuk menggaet investor agar menggarap proyek di sektor migas.

    "Jangan sampai nanti ke depan akan terjadi lagi kejadian-kejadian, yang akhirnya memperlemah lembaga dan membuat investasi kita tidak menarik," kata pengamat energi Mamit Setyawan dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk 'Tancap Gas Menjemput Investor Migas', Minggu, 17 Oktober 2021.

     



    Mamit menuturkan perubahan UU Migas sebagai salah satu kekuatan hukum bagi para investor di Indonesia. Terutama, terkait penguatan lembaga Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

    "Karena ini menyangkut secara keseluruhan sistem bisnis hulu migas di Indonesia dan dengan posisi daripada SKK Migas, terkait dengan bagaimana posisi penguatan lembaga yang memang bergerak khusus di bidang hulu migas," ujar Mamit.

    Di sisi lain, Mamit mendorong penguatan kebijakan fiskal agar iklim investasi di sektor hulu migas lebih menarik. Skema kebijakan yang akan dikeluarkan mesti digodok matang.

    "Jangan sampai nanti iklim investasi kita kembali lagi kurang menarik," ucap Mamit.

    Baca: Potensi Temuan Cadangan Migas Sebesar 204,7 Juta Barel Belum Konklusif

    Kebijakan atraktif, kata Mamit, perlu dipulihkan pemerintah. Kebijakan itu perlu digodok bersama dengan kementerian terkait, seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian ESDM, agar investasi di sektor hulu migas bisa tumbuh.

    "Karena hulu migas menurut saya sampai sejauh ini masih memberikan kontribusi yang besar bagi penerimaan negara, baik dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB)," kata Mamit.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id