Insentif Kartu Prakerja Baru Cair Rp5,7 Triliun, Ini Alasannya

    Eko Nordiansyah - 03 November 2020 16:48 WIB
    Insentif Kartu Prakerja Baru Cair Rp5,7 Triliun, Ini Alasannya
    Ilustrasi insentif kartu prakerja - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mencatat realisasi insentif untuk penerima kartu prakerja baru Rp5,7 triliun. Insentif itu diberikan kepada 4,9 juta peserta yang telah menyelesaikan minimal satu pelatihan hingga 30 Oktober lalu.

    Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan saat ini sudah ada 5,59 juta peserta yang diterima dari gelombang I sampai X. Dari jumlah tersebut, 5,2 juta di antaranya telah membeli pelatihan.

    "Hampir 5,6 juta menerima (kartu prakerja). Telah beli pelatihan 5,2 juta, selesai minimal satu pelatihan 4,94 juta. Terima insentif 4,9 juta. Insentif tersalurkan Rp5,7 triliun," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 3 November 2020.

    Ia menjelaskan minimnya angka penyaluran dikarenakan pencairan insentif dilakukan secara bertahap agar peserta tidak boros dalam membelanjakan dananya. Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko), yang menyebut penyaluran insentif Rp600 ribu dilakukan per bulan selama empat bulan.

    "Kita menyalurkan Rp600 ribu per bulan itu, ya per bulan, tidak bisa digelondongi sekaligus. Kalau dirapel, orang-orang cepat belanja dan bulan kedua itu kurang uang. Dengan demikian, kita tidak bisa sekali lagi rapel semua di depan," ungkap dia.


    Para peserta kartu prakerja mendapatkan alokasi dana masing-masing sebesar Rp3,55 juta. Dana sebesar Rp1 juta diperuntukkan membeli pelatihan yang tersedia dalam platform yang telah bekerja sama.

    Adapun sisanya Rp2,55 juta terdiri dari insentif pasca-pelatihan sebesar Rp600 ribu yang dikirim tiap bulan selama empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50 ribu per survei untuk tiga kali survei sehingga total Rp150 ribu per peserta.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id