Pemerintah dan Dunia Usaha Perlu Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital

    Angga Bratadharma - 04 Agustus 2021 17:39 WIB
    Pemerintah dan Dunia Usaha Perlu Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id



    Jakarta: Lintasarta terus mendorong berbagai solusi industri untuk mendorong penerapan transformasi digital di Indonesia. Optimalisasi digital di Tanah Air diharapkan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi sekaligus memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang sampai sekarang belum kunjung usai.

    Hal itu juga perlu dilakukan mengingat saat ini Pemerintah Indonesia tengah berupaya melakukan akselerasi transformasi digital dengan menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Peta jalan tersebut mencakup empat sektor strategis, yaitu infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital.

     



    "Kolaborasi pemerintah dengan mitra bisnis untuk meningkatkan transformasi digital menjadi hal utama yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk juga dukungan dari pihak akademisi," ucap Marketing & Solution Director Lintasarta Ginandjar, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 4 Agustus 2021.

    Ginandjar menuturkan Estonia patut menjadi contoh dalam penerapan digitalisasi di segala bidang. Tak heran, hampir seluruh kegiatan ataupun layanan publik telah dilaksanakan secara digital di negara tersebut. Menurutnya digital society di Estonia bisa dikatakan cukup maju di dunia, karena hampir seluruhnya dilaksanakan menggunakan sistem digital.

    "Seperti KTP, pajak, pendirian perusahaan, perbankan, dan pemungutan suara semuanya telah dilaksanakan secara daring," tuturnya.

    Sedangkan di Indonesia, lanjutnya, penggunaan jaringan internet masih lebih banyak dilakukan untuk kegiatan yang berkaitan dengan sosial media. Sementara penggunaan jaringan internet untuk layanan publik, kata Ginandjar, hingga 2020 masih tercatat rendah.

    "Di Indonesia memang masih banyak wilayah yang belum ter-cover jaringan internet sepenuhnya. Ini menjadi tantangan bersama agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati fasilitas internet termasuk wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Saat ini penyediaan akses internet di wilayah tersebut telah menjadi prioritas pemerintah," paparnya.

    Untuk itu, Lintasarta mendukung berbagai program pemerintah untuk peningkatan transformasi digital, termasuk memperluas cakupan jaringan internet di wilayah 3T. Adapun Lintasarta memberikan layanan shared-service infrastructure (VPS), memberikan solusi Big Data, dan menerapkan integrasi data di beberapa kota melalui SKOTA.

    "Belajar dari Estonia, negara tersebut dapat menghemat pengeluaran dengan penerapan digital di seluruh layanan publik," pungkasnya.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id