Realisasi Penyaluran KUR Capai Rp111,21 Triliun

    Eko Nordiansyah - 23 September 2020 17:42 WIB
    Realisasi Penyaluran KUR Capai Rp111,21 Triliun
    Ilustrasi penyaluran KUR - - Foto: Antara/ Sigid Kurniawan
    Jakarta: Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp111,21 triliun hingga 18 September 2020. Realisasi tersebut setara 58,53 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp190 triliun.

    "Diberikan ke 3,28 juta debitur," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir dalam video conference di Jakarta, Rabu, 23 September 2020.

    Ia menambahkan kualitas penyaluran KUR cukup terjaga. Hal tersebut tercermin dari tingkat rasio kredit bermasalah (NPL) KUR yang sebesar 0,87 persen sampai dengan posisi September 2020.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah turut memberikan pelonggaran terhadap kebijakan KUR untuk memperkuat daya beli (demand) dan produksi (supply).

    "Pelonggaran tersebut berupa pemberian tambahan subsidi bunga KUR sebesar enam persen sampai dengan Desember 2020, sehingga suku bunga KUR tahun 2020 menjadi nol persen untuk semua jenis skema KUR (KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus, dan KUR TKI)," jelas dia.

    Di sisi lain, penundaan angsuran pokok KUR juga diberikan dalam jangka waktu paling lama enam bulan. Lalu relaksasi ketentuan restrukturisasi KUR, dan relaksasi pemenuhan persyaratan administrasi dalam proses pengajuan KUR.

    Kemudian pemerintah menunda penetapan target penyaluran KUR sektor produksi pada 2020 yang sebelumnya ditetapkan sebesar 60 persen. Dengan begitu, penyaluran KUR untuk sektor perdagangan tidak dibatasi maksimum 40 persen. Penundaan ini akan dilaksanakan hingga 2021 atau sesuai perkembangan kondisi perekonomian.

    "Upaya pemerintah dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk platform digital diharapkan dapat menumbuhkan kembali aktivitas usaha UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id