Garuda Perkuat Layanan Carter untuk Pertambangan

    Hendrik Simorangkir - 14 Agustus 2020 20:22 WIB
    Garuda Perkuat Layanan Carter untuk Pertambangan
    DIrektur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Foto: dok Garuda.
    Tangerang: Maskapai Garuda Indonesia memperkuat pasar layanan penerbangan carter untuk sektor pertambangan. Perkuatan itu melalui penyediaan fasilitas layanan penerbangan terhadap tenaga kerja sektor pertambangan yang bertugas di area site.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan upaya itu salah satunya diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama antara pihaknya dengan PT Putra Perkasa Abadi, perusahaan yang bergerak di bidang coal mining contractor di Hangar 2 GMF AeroAsia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    "Garuda Indonesia akan menyediakan layanan penerbangan carter terkait kebutuhan crew rotation PT Putra Perkasa Abadi dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 dan Bombardier CRJ-1000 untuk rute-rute dari dan menuju Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Semarang, Yogyakarta, dan Samarinda," ujarnya, Jumat, 14 Agustus 2020.

    Irfan menuturkan upaya optimalisasi pasar penerbangan carter ini juga menjadi fokus bisnis yang terus dikembangkan di tengah kondisi pandemi covid-19. Mengingat, layanan penerbangan carter menjadi salah satu opsi utama sektor industri migas dan pertambangan.

    "Dalam ini membutuhkan fleksibilitas layanan transportasi udara bagi kebutuhan mobilitas tenaga kerjanya. Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk senantiasa berperan di garda terdepan dalam menghadirkan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat sekaligus mendukung pergerakan roda perekonomian nasional," ungkapnya.

    Sementara itu, Direktur Utama PT Putra Perkasa Abadi Christianto Setyo mengatakan hal ini sejalan dengan pihaknya sebagai perusahaan jasa penambangan tiga terbesar di Indonesia.

    "Perusahaan dalam memberikan nilai tambah terbaik bagi pelanggan dalam penambangan terbuka dan pemindahan lahan berskala besar, maka pada kegiatan operasional perusahaan kami berupaya yang terbaik dengan selalu mengedepankan komitmen safety, health and environment serta tingkat produktivitas yang tinggi untuk memenuhi harapan customer/pemilik tambang," jelas Setyo.

    Pihaknya memilih Garuda Indonesia lantaran mempunyai reputasi yang baik dalam keselamatan penerbangan di Indonesia.

    "Dengan flight charter ini, kami ingin memastikan bahwa setiap karyawan kami baik yang akan berangkat dan pulang cuti lapangan maupun tugas lainnya mendapatkan fasilitas transportasi udara yang aman dan sehat," katanya.

    Layanan penerbangan carter selama masa pandemi menjadi salah satu kebutuhan utama sektor industri yang semakin menjanjikan bagi fokus bisnis penerbangan.

    Hal itu terlihat dari pertumbuhan pendapatan layanan penerbangan tidak berjadwal Garuda Indonesia yang menunjukkan peningkatan signifikan yaitu hingga 392,38 persen menjadi USD21,54 juta dari periode sebelumnya yaitu USD4,37 juta berdasarkan laporan keuangan (unaudited) pada semester I-2020.

    Selain pengembangan layanan carter penumpang, Garuda Indonesia juga mengembangkan bisnis penerbangan carter baik untuk carter pribadi (private) dan carter logistik melalui layanan pengangkutan kargo udara.

    Garuda Indonesia melalui layanan carter juga turut memfasilitasi proses penerbangan repatriasi baik untuk Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing dari dan ke berbagai negara seperti Brasil, Kolombia, Sri Lanka, Maladewa, Panama, Filipina, Vietnam, Thailand, Jepang, Uni Emirat Arab, Singapura, dan Korea Selatan.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id