Kemendag-Polri Bersinergi Perkuat Iklim Usaha Kondusif

    Ilham wibowo - 30 Agustus 2020 08:06 WIB
    Kemendag-Polri Bersinergi Perkuat Iklim Usaha Kondusif
    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Polri bersinergi dalam mendukung iklim usaha kondusif untuk peningkatan perekonomian Indonesia. Perlindungan perlu hadir terutama dalam kegiatan usaha perdagangan, konsumen dan metrologi legal.

    "Kerja sama Kemendag dan Polri dalam pengawasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen berperan dalam menjaga iklim usaha di Indonesia tetap kondusif. Terlebih saat pandemi covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor usaha dan perekonomian secara luas," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 30 Agustus 2020.

    Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan sektor perdagangan, baik dalam dan luar negeri dalam bentuk peraturan perundang-undangan seperti Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan. Dukungan penegak hukum sangat diperlukan agar cita-cita bangsa dapat tercapai.

    "Kebijakan yang telah dikeluarkan tersebut harus mendapat dukungan dari instansi penegak hukum dalam hal pengawasan dan penegakan hukum. Hal ini untuk menjamin setiap kebijakan dapat dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan," ungkap Agus.

    Menurut Agus, kerja sama antara Kemendag dan Polri telah sejak lama dilakukan terutama dalam hal pengawasan dan penegakan hukum terkait kegiatan perdagangan, perlindungan konsumen, dan metrologi legal. Implementasi diwujudkan dalam bentuk bantuan personel kepolisian dalam kegiatan pengawasan dan penegakan hukum, pertukaran data dan informasi, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) petugas pengawas dan PPNS di Kemendag.

    "Kemendag juga memberian bantuan berupa keterangan ahli kepada penyidik Polri terkait dengan proses penegakan hukum yang berkenaan dengan perdagangan," tuturnya.

    Lebih lanjut, Mendag mengapresiasi kinerja Polri khususnya satuan tugas (Satgas) Pangan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok barang pokok, khususnya pada hari besar keagamaan nasional, seperti pada bulan puasa dan Idulfitri. Kehadiran Satgas Pangan merupakan bentuk sinergitas dalam pelaksanaan operasi pasar dan pengawasan kegiatan perdagangan.

    "Ke depan, kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan Polri, TNI, dan aparat penegak hukum lainnya diharapkan dapat menjadi lebih erat lagi. Mengingat, sektor perdagangan merupakan sektor yang vital dalam ekonomi dan membawa pengaruh besar di bidang keamanan, ketertiban, dan sosial," tutup Mendag.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id