comscore

Harga Listrik dan BBM Indonesia Tak Naik saat Harga Komoditas Global Tinggi

Eko Nordiansyah - 22 Maret 2022 14:25 WIB
Harga Listrik dan BBM Indonesia Tak Naik saat Harga Komoditas Global Tinggi
Ilustrasi harga BBM dan tarif listrik belum berubah - - Foto: dok MI
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan tarif listrik maupun harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia tak berubah meski harga komoditas minyak dan gas dunia melonjak. Hal ini demi menjaga daya beli masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

"Untuk oil, gas, dan listrik itu adalah administered price. Pilihannya adalah kalau kita shock dari kenaikan bahan bakunya di-passover ke masyarakat, diteruskan ke rakyat, langsung jeblok semua konsumsinya," kata dia dalam webinar, Selasa, 22 Maret 2022.
Saat ini pemerintah tidak menaikan tarif dasar listrik tapi mendorong agar subsidi energi lebih tepat sasaran. Ia meminta masyarakat yang tidak seharusnya mendapatkan subsidi beralih ke daya listrik yang lebih tinggi.

"Maka sampai hari ini listrik nggak naik. Mungkin kita melakukan beberapa langkah seperti PLN melakukan mereka yang nggak masuk 450 (VA) harus masuk ke 900 (VA), yang 900 VA harus naik ke atas. Itu harus lebih mencerminkan keadilan bukan shock (kenaikan harga) tadi," ungkapnya.


Sementara itu, pemerintah belum memutuskan kenaikan harga pertalite terkecuali pertamax. Sebab, BBM jenis ini semestinya tidak lagi mendapatkan subsidi pemerintah lantaran lebih banyak digunakan oleh masyarakat mampu.

Meski demikian, pemerintah tetap mewaspadai dan mengantisipasi kenaikan harga komoditas agar tagihan belanja subsidi energi tidak membengkak. Walaupun pada saat yang sama pemerintah mendapatkan penerimaan dari kenaikan harga komoditas.

"Ini yang menyebabkan nanti kita akan tahu membayar kompensasi ke Pertamina karena mereka nggak naik. Jadi APBN sekarang hitung berapa penerimaan tambah dari komoditas, berapa belanja akan ditagihkan ke kita kalau ini belum di-passover. Dan nanti struktur APBN-nya akan tetap sehat enggak," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id