comscore

Menkop Dorong Inkopontren Jadi Holding Koperasi

Husen Miftahudin - 30 Desember 2021 13:35 WIB
Menkop Dorong Inkopontren Jadi Holding Koperasi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Dok.MI
Jakarta: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mendorong Induk Koperasi Pondok Pesantren (Inkopontren) menjadi holding bisnis koperasi. Pasalnya, pengelolaan pondok pesantren memiliki potensi besar dengan nilai kapitalisasi hingga triliunan rupiah.

"Harapannya, koperasi pondok pesantren yang tergabung dalam Induk Koperasi Pondok Pesantren ini bisa menjadi holding bisnis sehingga berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional," ujar Teten dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 30 Desember 2021.
Kementerian Koperasi dan UKM mencatat jumlah koperasi pondok pesantren (Kopontren) aktif di Indonesia pada 2020 sebanyak 2.439 unit. Di dalam negeri, jumlah pesantren aktif tercatat sebanyak 27.722 pesantren yang terdiri dari 4,2 juta santri.

"Sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019, pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan dan dakwah, namun juga pemberdayaan ekonomi santri dan masyarakat sekitar," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewas Inkopontren Sandiaga Uno mengatakan bahwa sejak lima tahun lalu Inkopontren telah 'reborn' dengan melakukan penataan ulang administrasi perizinan serta pranata bisnis lainnya, termasuk teknologi.

"Inkopontren juga membawa optimisme dan mencerminkan bidang-bidangnya sebagai sebuah entitas bisnis dan saya melihat bahwa kesempatan ini merupakan peluang untuk mempertahankan entitas bisnis, tapi juga mengambil peluang sebagai pemenang," ucap dia.

Sandiaga menambahkan, ada beberapa program di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bisa diselaraskan dengan Inkopontren. Salah satunya adalah santri digitalpreneur.

"Misalnya pada platform edukasi yang ditujukan kepada para santri untuk meningkatkan skill baik secara teknis, maupun non teknis di bidang ekonomi digital dan produk kreatif," pungkas Sandiaga.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id