comscore

BPS: Impor Gandum RI dari India Turun Selama April 2022

Eko Nordiansyah - 17 Mei 2022 14:37 WIB
BPS: Impor Gandum RI dari India Turun Selama April 2022
Ilustrasi ladang gandum. Foto: AFP/Joel Saget.
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor gandum Indonesia yang berasal dari India mengalami penurunan selama April 2022. Bahkan penurunan cukup tajam apabila dibandingkan dengan impor pada periode yang sama tahun lalu.

"Impor gandum Indonesia dari India pada April 2022 ini mengalami penurunan jika dibandingkan April 2021," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam video conference, Selasa, 17 Mei 2022.
Pada April 2022, impor gandum Indonesia dari India tercatat sebanyak 2.000 ton dengan nilai sebesar USD0,78 juta. Sedangkan pada April tahun lalu, impor gandum dari India mencapai 55,66 ribu ton atau senilai USD15,34 juta.

"Sedangkan data periode 2021, selama 2021 itu volumenya tercatat 318,47 ribu ton nilainya USD100,97 juta," ungkap dia.

Baru-baru ini, India mengeluarkan kebijakan larangan ekspor gandum yang dilakukan untuk mengendalikan lonjakan harga gandum di dalam negeri. Padahal, India merupakan produsen gandum nomor dua terbesar di dunia.

India merupakan produsen gandum setelah Tiongkok dengan kapasitas produksi 107,5 juta ton. Setiap tahun, Indonesia mengimpor gandum sebesar 11,7 juta ton atau setara USD3,45 miliar. Angka impor gandum itu pun naik 31,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menteri Perdagangan M Lutfi memaklumi kebijakan larangan ekspor gandum yang dilakukan India. Pihaknya tengah mempelajari larangan ekspor gandum tersebut karena saat ini sepertiga dari tepung gandum merupakan impor dari India.

"Kita sedang pelajari. Tetapi kita memang membeli sepertiga daripada tepung gandum ini dari India. Tetapi ini memang masalah-masalah internasional yang semua negara memprioritaskan daripada kepentingan nasional," jelasnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id