comscore

Erick Thohir: Hilirisasi Ekonomi Digital untuk Hentikan Impor

Media Indonesia.com - 29 Desember 2021 08:57 WIB
Erick Thohir: Hilirisasi Ekonomi Digital untuk Hentikan Impor
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Balai Banjar Taman Kelod di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, dalam rangka program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Banjar Creative Space Ubud. Dalam kunjungan itu, Erick Thohir mengatakan, tahun depan akan dilaksanakan hilirisasi ekonomi digital.

Hilirisasi dimaksudkan agar bisa dimanfaatkan oleh bangsa sendiri sehingga dapat menyetop impor. Dari data yang didapat kebanyakan produk yang berkembang di masyarakat 90 persennya impor dan hal tersebut akan menjadi momok bagi perkembangan produk lokal untuk bersaing dengan produk impor.
"Produk lokal yang dibuat oleh masyarakat di Indonesia kualitasnya tidak kalah jauh dengan produk asing yang masuk ke Indonesia," ujar Erick Thohir, dilansir dari Mediaindonesia.com, Rabu, 29 Desember 2021.

Program TJSL merupakan program yang dicetuskan Kementerian BUMN sebagai suatu komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Ditambahkannya, Presiden memberikan tanggung jawab kepada BUMN selaku sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia untuk membangun petrochemical karena negara yang lain seperti Singapura dan Malaysia sudah duluan mengembangkan hal tersebut. Petrochemical merupakan produk atau bahan kimia yang diperoleh dari hasil pengolahan bahan bakar fosil.

Manfaat petrochemical sangat banyak, bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat obat-obatan, baju dan sebagainya. Menteri Thohir berharap kedepannya program pembangunan ekonomi seperti ini akan membantu pengrajin lokal berkembang dan selalu mendapat perhatian dari pemerintah untuk melebarkan sayap di dunia kreatif ini.

Acara itu juga dihadiri Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Ketua Umum ICCN Fiki C Satari, serta Panglingsir Puri Ubud dan Peliatan. Bupati Gianyar I Made Mahayastra mendampingi Wakil Gubernur Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyambut kedatangan Menteri BUMN itu.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id