comscore

Harga Referensi CPO Naik, Biji Kakao Turun

Insi Nantika Jelita - 02 Juni 2022 18:52 WIB
Harga Referensi CPO Naik, Biji Kakao Turun
Ilustrasi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit - - Foto: MI/ Amiruddin
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan harga referensi produk crude palm oil (CPO) untuk penetapan bea keluar (BK) periode Juni 2022 adalah USD1.700,12 per metrik ton (MT).

Harga referensi tersebut meningkat USD42,72 atau 2,58 persen dari periode Mei 2022 yang sebesar USD1.657,39 per MT. Penetapan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 34 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar.
"Saat ini harga referensi CPO telah jauh melampaui threshold USD750/MT. Pemerintah pun mengenakan BK CPO sebesar USD 200/MT untuk periode Juni 2022,” kata Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Veri Anggrijono dalam siaran pers, Kamis, 2 Juni 2022.

Sementara itu, harga referensi biji kakao pada bulan ini sebesar USD2.520,13 per MT, menurun 2,93 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar USD2.596,18 per MT. Hal ini berdampak pada penurunan HPE biji kakao pada Juni 2022 menjadi USD2.232/MT, menurun 3,22 persen dari periode sebelumnya, yaitu sebesar USD2.307 per MT.

Veri berujar, peningkatan harga referensi CPO dipengaruhi meningkatnya harga minyak nabati lainnya dikarenakan gangguan pasokan akibat konflik antara Rusia-Ukraina. Selain itu, diberlakukannya kebijakan larangan sementara ekspor kelapa sawit oleh Indonesia ikut mempengaruhi peningkatan harga CPO.

Veri mengatakan, untuk penurunan harga referensi dan HPE biji kakao dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya penurunan permintaan sebesar 0,25 persen.


Meski, produktivitas di sentra kakao mengalami peningkatan inflasi global serta invasi Rusia terhadap Ukraina masih berlangsung, namun ini tidak berdampak pada BK biji kakao, yaitu tetap lima persen.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id