comscore

Selama 2021, Ada Tambahan 1,2 Juta Tenaga Kerja di Sektor Industri

Husen Miftahudin - 12 Januari 2022 18:11 WIB
Selama 2021, Ada Tambahan 1,2 Juta Tenaga Kerja di Sektor Industri
Ilustrasi. Foto: AFP/Yoshikazu Tsuno
Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan seiring dengan bangkitnya sektor industri, terdapat tambahan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,2 juta orang di sepanjang 2021.

"Sehingga, jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor industri saat ini meningkat menjadi 18,64 juta orang," ungkap Agus dikutip dari siaran persnya, Rabu, 12 Januari 2022.
Menurut Agus, kesiapan dan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk menjawab tantangan di sektor industri manufaktur pada era perkembangan teknologi digital yang semakin maju dan canggih saat ini.

Selain itu, lanjutnya, juga diperlukan kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang semakin cepat.

"Sebagai bentuk upaya mendorong industri tumbuh dan berkembang, pemerintah telah meluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0. Salah satu dari 10 agenda program prioritas nasional dalam Making Indonesia 4.0 adalah peningkatan kualitas SDM," jelasnya.

Dia bilang, SDM yang berkualitas akan mampu mendorong tujuh sektor industri utama dalam agenda Making Indonesia 4.0, yakni industri makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia, elektronika, farmasi, serta alat kesehatan.

"Ketujuh sektor ini memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total PDB (Produk Domestik Bruto) manufaktur, 65 persen ekspor manufaktur, dan menyerap 60 persen pekerja industri," terang Agus.

Adapun kontribusi industri manufaktur terhadap PDB pada kuartal III-2021 sebesar 17,33 persen, tertinggi di antara sektor ekonomi lainnya. Sementara itu, pada aspek ketenagakerjaan, sektor industri manufaktur mulai menunjukkan pemulihan dari dampak pandemi.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id