comscore

Sebelum Berinvestasi di Perdagangan Berjangka Komoditi, Simak Dulu Tips Ini

Husen Miftahudin - 27 Mei 2022 15:21 WIB
Sebelum Berinvestasi di Perdagangan Berjangka Komoditi, Simak Dulu Tips Ini
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menekankan pentingnya konsep 7P sebelum masyarakat berinvestasi di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).
 
Konsep 7P tersebut di antaranya pelajari latar belakang perusahaan, pelajari tata cara transaksi dan penyelesaian perselisihan, dan pelajari kontrak berjangka yang diperdagangkan.
 
"Selanjutnya pelajari wakil pialang PBK yang berizin dari Bappebti, pelajari dokumen perjanjian, pelajari risiko, dan pantang percaya pada janji-janji keuntungan yang tinggi," jelas Jerry dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 27 Mei 2022.
 
Dijelaskan lebih lanjut, pada industri PBK, masyarakat dapat menginvestasikan sebagian dana yang menganggur (idle fund) dan dikelola perusahaan pialang berjangka yang telah terdaftar resmi di Bappebti.
 
"Investasi ini bersifat high riskhigh return dan low risk, low return. Oleh karena itu, disarankan agar calon nasabah dapat memahami lebih dalam mengenai tata cara dalam berinvestasi di industri PBK," tutur dia.
 
Di sisi lain Jerry menegaskan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memiliki peran yang signifikan untuk terus mengedukasi dan meningkatkan literasi masyarakat. Hal ini terkait peran Bappebti sebagai lembaga pengawas dan besarnya potensi transaksi di bidang PBK.
 
Ia menambahkan, Bappebti akan terus menggencarkan edukasi tentang tata cara berinvestasi yang benar dan aman, mekanisme transaksi, peraturan-peraturan terkait, hingga risiko berinvestasi dan tata cara penyelesaian masalah.
 
"Terlebih saat ini banyak beredar situs web maupun aplikasi yang menawarkan investasi kepada masyarakat namun tidak dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id