Digitalisasi Pangan dan Modernisasi Logistik Kunci Pertumbuhan

    Antara - 20 Oktober 2021 13:13 WIB
    Digitalisasi Pangan dan Modernisasi Logistik Kunci Pertumbuhan
    Bisnis Logistik. Foto : MI.



    Jakarta: PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) menilai digitalisasi pangan yang terkoneksi dengan modernisasi logistik merupakan kunci pertumbuhan bisnis perseroan yang meningkat cukup tajam pada paruh kedua tahun ini. Penjualan ZBRA pada kuartal III-2021 mencapai Rp2,7 triliun atau tumbuh 30 ribu persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp8,8 miliar.

    Melalui PT StoreSend E-Logistics Indonesia (SSI) yang merupakan anak perusahaan DNR di bawah naungan ZBRA, platform digital iPanganandotcom menjadi salah satu amunisi perseroan dalam menjalankan bisnisnya.

     



    "iPanganandotcom merupakan sebuah platform pangan yang terkoneksi dengan layanan modernisasi logistik yang dimiliki oleh DNR, sehingga dapat hadir menjawab kebutuhan masyarakat antara segi pangan dan logistik dengan cepat serta fleksibel," kata Direktur iStoreiSend Karel Leonardo, dikutip dari Antara, Rabu, 20 Oktober 2021.

    iPanganandotcom merupakan hasil kolaborasi perseroan dengan Perum Badan Urusan Logistik atau Bulog. Kolaborasi tersebut sudah dimulai sejak 2018, yakni iPanganandotcom dirancang khusus untuk masyarakat agar dapat berbelanja kebutuhan pangan dengan hanya genggaman tangan.

    Adanya kolaborasi dengan Bulog yang merupakan perusahaan logistik pangan dengan memiliki banyak gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, membuat bisnis tersebut berkembang menjadi lebih besar lagi. Kehadiran iPanganandotcom juga tidak terlepas dengan terkoneksinya modernisasi logistik yang dihadirkan oleh ZBRA bersama dengan unit-unit bisnis lain yang dimiliki oleh DNR.

    Menurut Karel, kolaborasi-kolaborasi itulah yang akhirnya membentuk iPanganandotcom dengan tujuan untuk menjadi penyedia online food community terbesar di Indonesia dengan konsep hyperlocal.

    "Untuk ke depannya, kami proyeksikan hadirnya perluasan cakupan wilayah gudang-gudang tersebut hingga sekitar 1.600 lebih gudang di seluruh Indonesia sehingga bisa mengoptimalkan dan menjangkau kebutuhan pangan beserta logistik yang modern di Indonesia sampai ke pelosok negeri," ujar Karel.

    Selain itu, lanjutnya, dengan adanya perluasan cakupan wilayah tersebut juga diharapkan membuat bisnis perseroan menjadi semakin berkembang dengan platform digital yang terus dimutakhirkan dan modernisasi logistik yang terus ditingkatkan.

    Berdasarkan laporan keuangan kuartal III-2021, ZBRA mencatatkan angka laba kotor atau gross profit mencapai Rp395 miliar, melonjak signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,3 miliar.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id