Masuk Babak Baru, Luhut dan Menlu Tiongkok Teken MoU HDCM

    Annisa ayu artanti - 08 Juni 2021 07:08 WIB
    Masuk Babak Baru, Luhut dan Menlu Tiongkok Teken MoU HDCM
    Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Foto: Dokumentasi Kemenkomarves.



    Tiongkok: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Establishing a High Level Dialogue and Cooperation Mechanism dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi saat melakukan kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

    Luhut menjelaskan, dengan MoU ini secara resmi menandai pembentukan High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) antar kedua negara. Indonesia memiliki hubungan baik dengan Tiongkok yang terbukti melalui berbagai kerja sama yang telah dijalin oleh kedua negara.

     



    "Saya percaya kita dapat terus memperkuat hubungan yang saling menguntungkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua negara, baik di masa kini maupun di masa mendatang," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Selasa, 8 Juni 2021.

    Dalam perjanjian tersebut, Luhut dan Wang Yi bertindak sebagai Co-Chair HDCM. Melalui pertemuan ini juga kedua pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi perkembangan kondisi global, isu-isu strategis, serta tantangan global.

    Adapun rincian kerja sama yang akan dilakukan Indonesia dan Tiongkok di antaranya bergerak dalam berbagai politik, keamanan, ekonomi, perdagangan, investasi, kemaritiman, sosial budaya, serta pertukaran budaya dan pendidikan antarmasyarakat.

    Namun, untuk detail proyek belum ditentukan. Tetapi akan berhubungan dengan Proyek Stategis Nasional maupun program prioritas Indonesia. Sementara untuk area kerja sama berkembang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang dan berdasarkan kesepakatan antara kedua negara.

    "Dalam menjalankannya, kami mengedepankan semangat senasib dan kami berharap dapat terbangun kerja sama yang mutual dan lebih baik lagi antara Indonesia dengan RRT," kata Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi.

    Di sisi lain dalam pertemuan dengan Wang Yi, Luhut juga membahas beberapa topik strategis lainnya. Mulai dari politik dan keamanan, kesehatan, sinergi dan strategi pengembangan proyek kerja sama prioritas, perdagangan dan ekonomi, investasi, serta maritim dan aeronautika.

    Dilakukan pula beberapa sesi pertemuan tematik dengan pemerintah RRT maupun sektor swasta untuk membahas beberapa program kerja sama dan proyek yang akan dilaksanakan kedua pihak.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id