Jokowi: Presidensi G20, Kesempatan Indonesia Berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Dunia

    Rosa Anggreati - 01 Desember 2021 20:16 WIB
    Jokowi: Presidensi G20, Kesempatan Indonesia Berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Dunia
    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada opening ceremony Presidensi G20 Indonesia, di Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021 (Foto:Dok)



    Jakarta: Terpilihnya Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 memiliki nilai strategis  bagi pemulihan ekonomi dan pencapaian Indonesia maju.

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada opening ceremony Presidensi G20 Indonesia, di Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021, mengharapkan Indonesia dapat menjadi motor penggerak bagi negara G20 melakukan aksi nyata.

     



    "Saya ingin Presidensi Indonesia di G20 tidak hanya sebatas seremoni belaka. Indonesia mendorong negara G20 untuk melakukan aksi nyata. Indonesia terus mendorong negara G20 menghasilkan terobosan, membangun kolaborasi, dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia merasakan dampak positif dari kerja sama ini," kata Jokowi.

    Untuk itu pada Presidensi G20, Indonesia mengusung tema Recover Together, Recover Stronger. Selaras dengan tema tersebut pada Presidensi G20, Indonesia akan fokus mengerjakan tiga hal, yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi keberlanjutan.

    "Indonesia bisa membangun tata kelola dunia yang lebih adil. Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, dan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang. Negara kaya membantu negara miskin," tutur Jokowi. 

    Jokowi optimistis terpilihnya Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia.

    "Sekaligus untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, adil, berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," ucapnya.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id